Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Kampanyekan Konsumsi Ayam Dingin Segar

Kementerian Pertanian mengampanyekan konsumsi produk ayam dingin segar untuk menjaga keamanan dan kesehatan pangan yang dikonsumsi masyarakat.
Ilustrasi./Bisnis
Ilustrasi./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -  Kementerian Pertanian mengampanyekan konsumsi produk ayam dingin segar untuk menjaga keamanan dan kesehatan pangan yang dikonsumsi masyarakat.

Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Sri Mukartini menjelaskan tujuan kampanye program ayam dingin segar untuk meningkatkan kualitas dan kesehatan pangan masyarakat Indonesia.

Sri mengatakan masyarakat yang terbiasa mengonsumsi ayam potong segar yang tanpa proses pendinginan, terlebih di pasar tradisional, disebut memiliki kualitas yang kurang baik dibandingkan dengan ayam potong yang disimpan dalam pendingin.

"Mengapa kita perlu ayam dingin segar? Karena pangan yang berasal dari hewan itu mudah rusak, dan berpotensi menularkan penyakit ke manusia. Cara mencegahnya dengan proses pemotongan yang higienis, dan sistem rantai dingin," kata Sri, Kamis (6/10/2016).

Gunanya sistem rantai dingin, katanya, antara lain untuk menjaga kesegaran pangan, memperpanjang masa kedaluwarsa, dan juga untuk menjaga pangan terhadap kontaminasi dari bakteri.

Sri menyebut ayam yang baru dipotong idealnya bisa disimpan di suhu ruangan selama empat jam, dan setelah itu harus didinginkan untuk menjaga kontaminasi bakteri.

Dalam program kampanye ini Sri berharap agar masyarakat mulai berpindah dari mengonsumsi ayam potong ke ayam dingin segar.

Duta Program Kampanye Ayam Dingin Segar Chef Edwin Lau mengatakan bakteri yang berkembang di pangan hewan yang tidak didinginkan bisa memengaruhi kesehatan.

Kendati bakteri akan mati saat proses memasak dengan suhu tinggi, Edwin menjelaskan toxin atau racun yang dihasilkan oleh bakteri tetap tidak akan hilang.

"Memang dampaknya belum terlihat sekarang, tetapi nanti ketika sudah berumur penumpukan makanan yang tidak sehat bisa menimbulkan penyakit," kata Edwin.

Kampanye Ayam Dingin Segar akan dimulai pada Oktober 2016 hingga akhir Juni 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper