Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tingkatkan Kualitas SDM Maritim, RI Teken MoU dengan Swedia

Pemerintah menandatangani nota kesepahaman dengan World Maritime University (WMU) di Malmo, Swedia, tentang kerja sama peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang kemaritiman.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 30 September 2016  |  13:41 WIB
Maritim Indonesia
Maritim Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menandatangani nota kesepahaman dengan World Maritime University (WMU) di Malmo, Swedia, tentang kerja sama peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang kemaritiman.

Peningkatan kapasitas SDM itu melalui pendidikan formal bidang kemaritiman di WMU dan pendidikan dan pelatihan yang bersifat 'tailor-made' guna mempercepat penyiapan SDM yang memiliki kompetensi dan keterampila berstandar internasional.

Dalam penandatanganan itu, pemerintah Indonesia diwakili oleh Sekretaris Kemenko Maritim Asep D. Muhammad, sedangkan WMU diwakili Presiden World Maritime University Cleopatra Doumbia-Henry.

WMU adalah universitas di bawah International Maritime Organization (WMU). IMO yang berpusat di London, Inggris, memiliki 171 negara anggota. Dalam perkembangannya, IMO membangun institusi pendidikan kemaritiman World Maritime University.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang SDM, IPTEK dan Budaya Maritim Safri Burhanuddin memberikan kuliah umum bertema Indonesia National Ocean Policy kepada 160 mahasiswa di Auditorium Sasakawa, WMU. Safri menyampaikan sertifikasi kemaritiman menjadi aset untuk mendapat penghasilan lebih baik.

“Anda punya skill. Tapi tanpa sertifikat atau license, Anda hanya akan mendapat gaji sepertiga dari apa yang bisa didapat dengan sertifikat keahlian," ujarnya.

Kemenko Maritim dengan kementerian terkait, seperti Kementerian Pendidikan Nasional serta Kementerian Kelautan dan Perikanan, mendorong sertifikasi keahlian yang diakui secara global. Dengan penandatanganan MoU dengan WMU, peningkatkan kualitas SDM bidang maritim dapat terwujud.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sdm kemaritiman world maritime university
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top