Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Utang Luar Negeri: Utang Swasta Masih Mungkin Meningkat

Masih ada kemungkinan utang luar negeri swasta mengalami kenaikan di sisa tahun ini.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, Jakarta - Ekonom Kenta Institute Eric Alexander Sugandi meyakini masih ada kemungkinan utang luar negeri swasta mengalami kenaikan di sisa tahun ini.

Hal itu bisa terjadi jika terdapat peningkatan aktivitas ekonomi yang membuat perusahaan swasta mulai meningkatan permintaan offshore valas dan naiknya pinjaman ke anak perusahaan.

“Utang luar negeri swasta bisa bertambah bila pelaku usaha swasta meningkatkan pinjaman valas offshore mereka, misalnya untuk pembelian barang modal atau perluas skala usaha,” ujarnya, Minggu (18/9/2016).

Utang swasta tercatat sebesar US$165,1 miliar di kuartal II/2016. Posisi utang swasta masih didominasi pinjaman jangka panjang yang turun 3,1%, berbanding terbalik dengan kuartal sebelumnya yang justru mengalami kenaikan 2,1%.

Utang luar negeri jangka pendek sektor swasta mengalami penurunan lebih kecil sebesar 3,2% di kuartal II/2016, sementara kuartal sebelumnya turun 9%.

Sebelumnya, Hendy Sulistiowati, Direktur Eksekutif Departemen Statistik BI, mengatakan penurunan utang swasta jangka panjang disebabkan oleh pelemahan ekspor.

Namun, dia meyakini utang swasta akan tumbuh di sisa tahun ini mengingat industri manufaktur dan pengolahan diperkirakan akan melakukan ekspansi.

"Dari kuartal I/2016, utang swasta itu turun terus. Swasta lebih banyak membayar daripada meminjam. Ada pinjaman afiliasi 33% perannya karena PMA [Penanaman Modal Asing] melihat ekspor masih lemah," ucapnya.

Badan Pusat Statistik meelaporkan secara kumulatif nilai ekspor Januari 2016-Agustus 2016 tercatat US$91,73 miliar atau menurun 10,61% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara itu, nilai ekspor keseluruhan tahun lalu mencapai US$150,25 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Veronika Yasinta
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper