Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Kembali Akan Impor Daging Kerbau 100.000 Ton Dari India

Pemerintah bersiap mendatangkan kembali daging kerbau dari India dalam waktu dekat untuk menekan harga komoditas, menyediakan pemenuhan protein hewani bagi masyarakat, sekaligus menyiapkan kebutuhan untuk Ramadhan dan Lebaran 2017.
Ilustrasi kerbau/pertanian.go.id
Ilustrasi kerbau/pertanian.go.id

Bisnis.com, JAKARTA -  Pemerintah bersiap mendatangkan kembali daging kerbau dari India dalam waktu dekat untuk menekan harga daging, menyediakan pemenuhan protein hewani bagi masyarakat, sekaligus untuk menyiapkan kebutuhan Ramadhan dan Lebaran 2017.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam rapat stabilisasi harga dan ketersediaan pangan mengatakan pemerintah akan mengimpor daging kerbau hingga 100.000  ton, dimana izin impor akan diberikan hingga Juni 2017.

"Kami menargetkan impor daging hingga 100.000 ton. Namun, 70.000  ton hingga akhir Desember 2016, sisanya  30.000  ton untuk persiapan puasa dan Lebaran," kata Darmin, di Jakarta, Selasa (13/9/2016).

Dia mengatakan permintaan daging kerbau cukup banyak karena 10.000  ton yang diimpor secara bertahap sebelum September 2016 telah habis. Antrean yang meminta daging kerbau juga banyak, terutama dari pelaku industri makanan.

Sementara itu, Dirut Perum Bulog Djarot Kusumayakti mengatakan daging kerbau yang dijual pihaknya saat ini dibanderol Rp60 ribu per kilogram di tingkat pengecer dan Rp65.000 per kilogram di tingkat konsumen.

"Kami melakukan penjualan langsung untuk menjaga harga tetap stabil, dan sebagian pasar sudah bisa menerima daging kerbau ini. Bahkan beberapa SPS ('sanitary and phytosanitary') belum bisa dilayani karena masih proses. Sebagian masih proses karantina, yang sudah lolos langsung dilepas," kata Djarot.

Dia mengatakan impor daging kerbau yang telah masuk sampai hari ini mencapai 5.300 ton, di mana 1.400 ton telah selesai diperiksa oleh karantina, dan 1.500 ton telah lolos persyaratan SPS.

"Di pelabuhan mungkin ada sekitar 2.000, sisanya di gudang masih proses verifikasi karantina," ucap Djarot.

Impor daging tersebut diharapkan mampu menurunkan harga daging sapi segar yang diharapkan dapat masuk ke wilayah harga yang lebih wajar.

"Mudah-mudahan masyarakat bisa memperoleh alternatif daging yang sehat sekaligus murah karena kami jual Rp65.000 per kilogram sampai ke konsumen. Artinya kami jual ke pedagang tentu di bawah itu karena mereka butuh laba," kata Djarot.

Rapat stabilisasi harga dan ketersediaan pangan dihadiri oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti, dan perwakilan kementerian/lembaga terkait.

Rapat tersebut terutama membahas evaluasi masalah daging kerbau, yang diklaim memiliki permintaan yang cukup besar, baik untuk industri maupun pasar.

Mengenai rencana impor daging kerbau 7.0000 ribu ton hingga akhir Desember 2016, Mentan Amran mengatakan akan mengedepankan aspek pemenuhan ketersediaan protein daging bagi masyarakat.

"Berapa kebutuhan yang dibutuhkan, khususnya di Jabodetabek, kami 'support'. Intinya bagaimana protein tersedia untuk rakyat. Ingat, kita baru mencapai 2,5 kilogram per tahun konsumsi daging, negara tetangga sudah 25 kilogram per tahun," ucap Amran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper