Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TRANS PAPUA: RuasTimika-Wagete Ditarget Rampung Tahun Depan

Pejabat Pembuat Komitmen 27 Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah VI Provinsi Papua Erick Fonataba di Timika, Selasa (6/9/2016), mengatakan ruas jalan Timika-Wagete tinggal menyisahkan sekitar 6-7 kilometer yang belum tersambung.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 06 September 2016  |  08:45 WIB
TRANS PAPUA: RuasTimika-Wagete Ditarget Rampung Tahun Depan
Ilustrasi: Prajurit Satgas Pembangunan Jalan Trans Papua Denzipur 12/OHH Nabire dan Denzipur 13/PPA Sorong Zeni TNI AD (POP 1) mengoperasikan alat berat untuk mendorong truk menaiki tanjakan dalam pembangunan jalan di Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua, Rabu (23/3/2016). - Antara/Sigid Kurniawan
Bagikan

Bisnis.com, TIMIKA - Pembangunan ruas jalan Timika-Wagete akan tersambung setelah sisa proyek sepanjang 6-7 kilometer bisa diselesaikan.

Ruas jalan Trans Papua yang menghubungkan Timika, ibu kota Kabupaten Mimika dengan Wagete, ibu kota Kabupaten Deiyai itu direncanakan rampung pada 2017.

Pejabat Pembuat Komitmen 27 Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah VI Provinsi Papua Erick Fonataba di Timika, Selasa (6/9/2016), mengatakan ruas jalan Timika-Wagete tinggal menyisahkan sekitar 6-7 kilometer yang belum tersambung.

Diharapkan ruas tersisa itu dapat dituntaskan pekerjaannya pada 2017.

"Yang belum tersambung sekitar 6-7 kilometer, diharapkan bisa selesai tahun 2017 sehingga ruas jalan dari Timika ke Wagete bisa tembus. Sekarang ada pekerjaan dari arah Timika sepanjang 3,5 kilometer dan ada pekerjaan dari arah Wagete sepanjang 6 kilometer," jelas Erick.

Menurut dia, untuk pekerjaan jalan sepanjang 3,5 kilometer itu dialokasikan anggaran sebesar Rp16 miliar.

"Sekarang pekerjaan jalan sudah masuk ke wilayah dataran tinggi dengan medan yang cukup berat melalui gunung-gunung dengan tingkat kemiringan yang cukup terjal. Dengan topografi seperti itu tentu tingkat kesulitan jauh lebih tinggi. Kami mengantisipasinya dengan mempersiapkan berbagai peralatan yang memadai," kata Erick.

Sejak ruas jalan tersebut dikerjakan pada sekitar 2007, total ruas jalan yang sudah dikerjakan sepanjang 168 kilometer.

"Titik nolnya dimulai dari persimpangan Pelabuhan Rakyat (Pelra) Paumako lalu menuju persimpangan Mayon Kuala Kencana sepanjang lebih dari 40 kilometer. Dari persimpangan Mayon selanjutnya menuju persimpangan Kapiraya sepanjang 71 kilometer. Dari arah simpang Kapiraya menuju ke lokasi sekarang sepanjang 38 kilometer," jelas Erick.

Di sepanjang ruas jalan Trans Papua yang menghubungkan Timika-Wagete tersebut, juga telah dibangun sejumlah jembatan panjang dengan bentangan hingga ratusan meter seperti di Sungai Mimika, Sungai Kyura, Sungai Rawawe I dan 2 serta Sungai (Kali Kabur).

"Tahun ini kami sedang menyelesaikan pembangunan jembatan Kali Kabur. Kalau jembatan ini selesai, merupakan jembatan terpanjang di Mimika dengan bentangan sepanjang 300 meter. Pekerjaan jembatan ini menggunakan dana dua tahun anggaran jamak (multiyears kontrak) yaitu anggaran tahun 2015 dan 2016," ujar Erick.

Ia menambahkan, ruas jalan tersebut, khususnya dari persimpangan Mayon hingga persimpangan Kapiraya yang sudah dibangun dengan konstruksi beton tailing baru sekitar 44 kilometer. Sisanya masih berupa jalan tanah dan ke depan direncanakan akan ditingkatkan menjadi jalan perkerasan dan sebagian konstruksi aspal.

"Nantinya ada bagian-bagian yang kita buat kontruksi beton tailing, tapi ada juga yang pakai kontruksi aspal dengan pertimbangan untuk mengangkut material tailing ke sana cukup sulit mengingat medannya berat," jelas Erick.

Ruas jalan Trans Timika-Wagete tersebut masuk dalam program Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) yang dicanangkan pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sekitar tahun 2010.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

trans papua

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top