Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kawasan Industri Kendal Optimis Tarik 20 Investor

Direksi PT Kawasan Industri Kendal (KIK) menargetkan menarik 20 investor dari dalam maupun luar negeri untuk menanamkan modalnya di KIK pada 2016.

Bisnis.com, SEMARANG—Direksi PT Kawasan Industri Kendal (KIK) menargetkan menarik 20 investor dari dalam maupun luar negeri untuk menanamkan modalnya di KIK pada 2016.

Hingga Agustus 2016, tercatat 16 perusahaan di berbagai bidang sudah berinvestasi dan siap menyerap sekitar 3.000 tenaga kerja.

"Konsentrasi kami saat ini adalah bagaimana secepat mungkin menarik investor asing maupun lokal berinvestasi di Kendal. Itu yang paling penting karena untuk penyerapan tenaga kerja," kata Direktur PT KIK Hyanto Wihadhi , dalam laman Pemprov Jateng, Rabu (24/8).

Dari 16 perusahaan yang berinvestasi di KIK, lanjut dia, tiga di antaranya sudah tahap konstruksi, bahkan salah satunya siap beroperasi mulai 25 Agustus 2016.

Keberadaan perusahaan tersebut antara lain dari Jepang, Malaysia, dan Singapura dengan nilai investasi kurang lebih Rp3,2 triliun dan mampu menyerap sekitar 3.000 tenaga kerja.

Mereka bergerak di berbagai bidang usaha, termasuk furniture, interior khusus hotel dan kapal pesiar.

Jika nantinya 1.000 hektare kawasan industri tahap satu digunakan 300 perusahaan, belum termasuk usaha skala kecil, diperkirakan akan mampu menyerap hingga 500.000 tenaga kerja.

Dalam upaya pemenuhan sumber daya manusia (SDM) berkualitas, KIK berkoordinasi dengan Pemkab Kendal dan Pemprov Jateng terkait optimalisasi Balai Latihan Kerja (BLK) sebagai sarana mengasah keahlian para calon tenaga kerja.

Hyanto menjelaskan, nantinya kawasan ini akan dipadukan dengan pembangunan Kendal Fashion City, Smart City, kemudian di bagian utara digagas adanya beragam produk batik nusantara.

"Progress selanjutnya sudah ada pematangan lahan seluas 120 hektare. Harapan kami tahun ini ada 20 perusahaan bergabung, karena sudah ada empat investor segera bergabung," imbuhnya.

Adapun, menyangkut infrastruktur makro sebagai akses dari atau menuju KIK, pihaknya tidak hanya mengandalkan jalan tol atau transportasi darat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper