Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KEIN Ajukan Pertanian, Maritim, Kreatif, Pariwisata Jadi Industri Prioritas

Indoensia seharusnya fokus kepada empat industri prioritas yang berbasis kepada kekayaan alam Tanah Air dan kemampuan sumber daya manusia
Soetrisno Bachir/umm.ac.id
Soetrisno Bachir/umm.ac.id

Bisnis.com, BOGOR - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) mengajukan industri agribisnis, maritim, kreatif, dan pariwisata sebagai prioritas industri nasional.

Ketua KEIN, Soetrisno Bachir, mengatakan KEIN akan mengajukan industri prioritas melalui peta jalan industri nasional.

Peta jalan industri nasional merupakan salah satu tugas yang diberikan Presiden Jokowi kepada KEIN sebagai strategi pengembangan industri Indonesia.

“Kita enggak punya strategi industri. Harus ada prioritas, industri bisa kompetitif di dalam negeri dan bisa menjadi pemain di pasar global,” kata Soetrisno dalam Workshop Media KEIN, Sabtu (13/8/2016).

Soetrisno menilai Indoensia seharusnya fokus kepada empat industri prioritas yang berbasis kepada kekayaan alam Tanah Air dan kemampuan sumber daya manusia yaitu; industri pertanian, industri maritim, industri kreatif, dan industri pariwisata.

“Jangan kita mendoron satu industri, tenaga kita semua dicurahkan, yang menikmati segelintir orang padahal sumber daya manusia kebanyakan lulusan SD/SMP dan tinggal di daerah,” kata Soetrisno.

KEIN adalah institusi bentukan dan bertanggung jawab kepada Presiden Jokowi yang bertugas memberikan saran tindak strategis dalam nenetukan kebijakan ekonomi dan industri. Institusi tersebut memiliki 20 anggota dari berbagai profesi termasuk pengusaha, politisi, serta akademisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper