Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peserta Bekup Bertarung di Startup Istanbul

Salah satu program Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), yaitu Bekup (Bekraf for Pre-startup) yang diluncurkan awal Juni lalu di 14 kota, mulai membuahkan hasil yang menggembirakann
Ilustrasi./.
Ilustrasi./.

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu program Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), yaitu Bekup (Bekraf for Pre-startup) yang diluncurkan awal Juni lalu di 14 kota, mulai membuahkan hasil yang menggembirakan.

Seorang peserta program Bekup di kota Makassar, Cristianto Rian (24 tahun) dinobatkan menjadi salah satu wakil Indonesia untuk bertarung di Startup Istanbul, Turki pada 6-10 Oktober 2016.

Startup Istambul merupakan sebuah kompetisi dan konferensi startup bergengsi yang menyatukan para pendiri, investor dan eksekutif industri digital dari Eropa dan Asia.

Di ajang internasional tersebut, lulusan STMIK Dipanegara Makassar ini akan mengusung produk andalannya,TarraSmart (Transformation Radio for LifeSmart), sebuah aplikasi radio online berbasis web dan Android.

TarraSmart yang sudah diunduh 80.000 users ini terpilih setelah menyisihkan 100 startup lainnya yang megikuti seleksi.

"Setelah mengikuti BEKUP, saya dapat mengetahui bagaimana cara membangun startup dengan benar, membangun team work yang kuat dan melakukan pitching ke investor atau costumer potensial,’’ tutur Tian seperti disampaikan dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Rabu (10/8/2016)

Cikal bakal TarraSmart berawal dari toko online pribadi yang dia rintis sejak 2010. Namun bisnis tersebut tidak berkembang dengan baik, hingga dia akhirnya menemukan ide untuk membuat aplikasi radio online dua tahun kemudian.

Ide tersebut muncul setelah melihat radio online yang ada saat itu memiliki antarmuka yang sulit digunakan serta pengguna harus memasang aplikasi plugin pihak ketiga. Tian kemudian mengajak Mohammad Taufik dan Ibnu Wahab Saimima sebagai co-founder untuk mengembangkan aplikasi tersebut.

Dengan bekal pengetahuan dan wawasan yang didapatnya saat mengikuti Bekup yang diselenggarakan di DILo (Digital Innovation Lounge) Makassar, Tian dan rekan-rekannya bersiap ‘menaklukkan’ investor dunia di Istanbul nanti.

"Lewat program Bekup, saya mendapat panduan membuat model bisnis dan tahu caranya untuk menghasilkan revenue, sekaligus juga mendapatkan networking luas yang dimiliki Bekraf. Program ini sangat membantu dan wajib untuk startup,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper