Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Petani Sawit di Siak Mulai Beralih Tanam Padi

Sejumlah petani perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Siak Provinsi Riau mulai beralih menanam padi karena hasil yang didapatkan petani dinilai lebih baik.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 04 Agustus 2016  |  13:02 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, PEKANBARU -- Sejumlah petani perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Siak Provinsi Riau mulai beralih menanam padi karena hasil yang didapatkan petani dinilai lebih baik.

Bupati Siak Syamsuar mengatakan daerahnya saat ini telah menjadi basis produksi padi di Provinsi Riau, dan sekarang tengah berupaya untuk meningkatkan kuantitasnya.

"Kami berupaya untuk meningkatkan produksi padi dan petani yang biasa tanam sawit sekarang sudah mulai beralih menjadi menanam padi," katanya di Pekanbaru, Kamis (4/8/2016).

Untuk mendukung langkah beralihnya petani sawit ke tanaman padi tersebut, pemda telah menyiapkan program penambahan areal luas tanam padi.

Rencananya pemkab setempat akan membangun 1.500 hingga 2.000 hektare areal persawahan padi, tepatnya di Kecamatan Sungai Mandau.
Saat ini ada empat kecamatan sebagai basis utama produksi padi di Kabupaten Siak.

"Basis produksi kami yaitu di Bunga Raya, Sungai Mandau, Sabak Auh, dan Sungai Apit," katanya.

Adapun produksi padi Kabupaten Siak, Provinsi Riau yang mencapai 25.000 ton pada Agustus 2015 itu saat ini lebih banyak dibeli distributor beras asal daerah tetangga seperti Sumatra Utara dan Sumatra Barat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sawit padi siak
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top