Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TEMBOK DONALD TRUMP: Habiskan US$15 Miliar, Untungkan Perusahaan Meksiko

Sanford C. Bernstein & Co memperkirakan tembok Trump akan mereplika tembok yang dibangun Israel di Tepi Barat.
Demis Rizky Gosta
Demis Rizky Gosta - Bisnis.com 16 Juli 2016  |  13:28 WIB
Calon presiden AS Donald Trump. - Reuters
Calon presiden AS Donald Trump. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA- Rencana Donald Trump membangun tembok memisahkan Amerika Serikat dan Meksiko akan menguntungkan produsen semen Meksiko.

Laporan Sanford C. Bernstein & Co yang dikutip Bloomberg menyatakan perusahaan produsen semen asal Meksiko Cemex SAB akan meraup pendapatan terbesar dari tembok yang dicetuskan Donald Trump.

Donald Trump, kandidiat presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, berambisi membangun tembok untuk memisahkan batas darat AS dan Meksiko sebagai cara mencegah lalu lintas imigran gelap.

Phil Roseberg dari Sanford C. Bernstein & Co memperkirakan tembok Trump akan mereplika tembok yang dibangun Israel di Tepi Barat. Struktur yang dibangun menggunakan beton pre-cast tersebut diperkirakan menghabiskan minimal US$15 miliar jika dibangun di perbatasan selatan AS.

“Biarpun Tembok Trump terdengar tidak masuk akal, proyek tersebut memberikan kesempatan besar bagi perusahan konstruksi. Sebagian besar material akan disuplai oleh pabrik semen di kedua sisi perbatasan,” katanya.

Dia mengatakan Cemex paling berpeluang meraup keuntungan karena memiliki pabrik di kedua sisi perbatasan dan berlokasi paling dekat dengan batas wilayah.

Pembangunan Tembok Trump membutuhkan sekitar 7 juta meter kubik beton, yang bernilai US$700 juta pada harga saat ini. Kebutuhan tersebut berdasarkan struktur sepanjang 1.000 mil dengan ketinggian 40 kaki dengan ketebalan 10 inci.

“Kami memperkirakan perencanaan dan pengadaan lahan membutuhan 1–2 tahun dilanjutkan dengan 2 tahun konstruksi. Artinya dampak permintaan material baru terasa pada 2018,” kata Roseberg.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

semen amerika serikat meksiko partai republik Donald Trump
Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top