Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hari Lingkungan Hidup Sedunia: Jokowi Bakal Hadir, Polda Riau Antisipasi Teroris

Kepolisian daerah Riau siap mengamankan kunjungan presiden Jokowi dalam hari Lingkungan Hidup Sedunia
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 12 Juli 2016  |  18:01 WIB
Presiden Joko Widodo - Antara/Widodo S Jusuf
Presiden Joko Widodo - Antara/Widodo S Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA – Kepolisian Daerah Riau siap mengamankan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Siak untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 23 Juli 2016.

Kapolda Riau Brigjen Pol. Supriyanto mengatakan kepolisian akan bekerja sama dengan unsur-unsur keamanan terkait seperti Tentara Nasional Indonesia dan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

“Kami akan amankan dari awal seperti persiapan rute, tempat kegiatan, dan siapa-siapa saja yang akan hadir. Kami juga sudah siaga untuk antisipasi teroris dan langkah alternatif dari hal-hal yang mungkin terjadi,” katanya usai Rapat Persiapan Kunjungan Presiden ke Siak di Jakarta, Selasa (12/7/2016).

Di tempat yang sama, Komandan Korem 031/Wira Bima Brigjen TNI Nurendi mengungkapkan aparat keamanan sudah mengantisipasi kemungkinan gangguan terburuk lainnya seperti kemunculan asap akibat kebakaran hutan dan lahan di provinsi tersebut.

“Saya sebagai Komandan Satgas Pencegahan Kebakaran Riau sudah buat konsep pencegahan bencana asap. Tidak hanya TNI, tapi juga polisi, Mandala Agni, dan masyarakat peduli api,” ujarnya.

Kabupaten Siak ditunjuk pemerintah sebagai tuan rumah Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016. Puncak acara akan digelar di Istana Asseraiyah Hasyimiah, istana peninggalan Kesultanan Melayu Siak.

Pada puncak acara, Presiden Joko Widodo akan menanam pohon di halaman istana berusia 127 tahun tersebut. Presiden juga dijadwalkan menyerahkan beberapa penghargaan tingkat nasional seperti Kalpataru, Adipura, Nirwasita Tantra Award, dan Adiwiyata Mandiri.

Di samping itu, Presiden juga melepas 100.000 ekor benih ikan patin dan baung ke Sungai Siak. Sementara pada saat yang sama, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya merilis Siak Kabupaten Hijau, meresmikan ruang terbuka hijau, dan menaman 5.000 pohon di Islamic Center Siak.

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top