Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saat Lebaran, Kartu BPJS Kesehatan Bisa Langsung Akses ke IGD

Pada lebaran tahun ini, BPJS Kesehatan memberlakukan kebijakan baru yang berlaku mulai 29 Juni hingga 13 Juli bagi peserta BPJS Kesehatan, yakni akses kesehatan langsung ke IGD/UGD rumah sakit tanpa rujukan dari fasilitas kesehatan.
Layanan BPJS Kesehatan./JIBI-Rachman
Layanan BPJS Kesehatan./JIBI-Rachman

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pada saat lebaran tahun ini, BPJS Kesehatan memberlakukan kebijakan baru mulai 29 Juni hingga 13 Juli bagi peserta BPJS Kesehatan, yakni akses kesehatan langsung ke IGD/UGD rumah sakit tanpa rujukan dari fasilitas kesehatan.

"Ini Kebijakan baru dari kantor pusat. Pada 2014, 2015 kebijakan khusus ini diberikan pada 5 titik strategis bagi pemudik, seperti pelabuhan, terminal atau bandara. Tahun ini khusus pemudik dan pemegang kartu BPJS diberikan kesempatan untuk langsung ke IGD/UGD bila sakit tanpa harus menyerahkan rujukan dari faskes," jelas Kepala BPJS Balikpapan Dody Pamungkas, Rabu (29/6/2016).

BPJS Kesehatan juga mempermudah persyaratan bagi peserta yang perlu ke rumah sakit, yakni hanya menunjukkan kartu peserta. Untuk itu, Dody mengimbau agar peserta selalu membawa kartu peserta yang masih aktif.

Dia mengatakan kebijakan khusus ini memang bertujuan untuk memberikan kemudahan dengan mempersingkat prosedur untuk mendapatkan fasilitas kesehatan. Sebab mobilisasi pemudik memang tinggi.

Dia menjamin 12 rumah sakit yang menjadi mitra BPJS Kesehatan tidak akan menolak melayani kebutuhan peserta. Dody pun berharap agar pemudik yang terdaftar sebagai peserta mandiri untuk membayarkan iuran selagi waktu masih ada.

"Kalau dibilang beban bagi kami ya memang beban, tapi kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik bagi peserta BPJS Kesehatan, supaya kalau ada yang butuh ke IGD/UGD dengan cepat tidak harus repot dengan rujukan faskes," ucap Dody.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nadya Kurnia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper