Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pancing Calon Konsumen, Dharma Lautan Terapkan Tarif Bertingkat

PT Dharma Lautan Utama menerapkan tarif bertingkat untuk memancing daya beli calon penumpang dan menertibkan arus penumpang selama kegiatan mudik berlangsung di Kota Balikpapan.
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN - PT Dharma Lautan Utama menerapkan tarif bertingkat untuk memancing daya beli calon penumpang dan menertibkan arus penumpang selama kegiatan mudik berlangsung di Kota Balikpapan.

Pemimpin Cabang PT Dharma Lautan Utama Balikpapan Jamirin mengatakan pihaknya telah menerapkan sistem tarif bertingkat sejak lima tahun silam. Sistem itu dianggap efektif mengatur arus penumpang mudik saat menjelang lebaran.

"Kami terapkan tarif bertingkat agar calon penumpang terpancing untuk beli tiket keberangkatan awal. Kalau tidak begitu biasanya calon penumpang beli tiket saat menjelang lebaran, akibatnya menumpuk," jelas Jamirin, Minggu (18/6/2016).

Batas atas tarif bertingkat itu menurun dari batas atas tarif pada periode yang sama tahun sebelumnya. Jamirin mengatakan penaikan tarif itu disesuaikan dengan kondisi perekonomian daerah yang saat ini masih bergerak lambat.

Dengan alasan yang sama, Jamirin juga memprediksi akan terjadi penurunan penumpang. Kendati demikian, pihaknya tetap menyediakan dua armada tambahan untuk mengantisipasi lonjakan arus penumpang ada rute terpadat, yakni Balikpapan-Surabaya.

"Tarif berlaku 3 tingkat. Pada 6-16 Juni masih normal, yaitu seharga Rp300.000 per penumpang. Lalu mulai 17-23 Juni akan naik menjadi Rp375.000, dan Rp450.000 untuk keberangkatan 24 Juni hingga 3 Juli. Penaikan tarif ini agar memancing penumpang untuk beli tiket berangkat lebih awal," ucap Jamirin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper