Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terminal 3 Ultimate Harus Rampung 16 Juni 2016

Kementerian perhubungan menargetkan Angkasa Pura II untuk segera menyelesaikan temuan uji kelayakan Terminal 3 Ultimate paling lambat 16 Juni 2016
Terminal 3 Ultimate, Bandara Soekarno-Hatta. /Soetta
Terminal 3 Ultimate, Bandara Soekarno-Hatta. /Soetta

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan memberi waktu kepada PT Angkasa Pura II (Persero) untuk menyelesaikan temuan uji kelayakkan Terminal 3 Ultimate paling lambat 16 Juni 2016, sebelum resmi beroperasi pada 20 Juni 2016.

Direktur Bandar Udara Yudhi Sari Sitompul menyatakan pihaknya sudah melakukan sejumlah evaluasi bersama PT Angkasa Pura II (AP II) bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Kementerian Perhubungan.

PT Angkasa Pura II ingin Terminal III Ultimate beroperasi tanggal 20 Juni 2016, tetapi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah mengevaluasi persiapan operasional Terminal III dan menemukan sejumlah temuan ketidaklayakkan terminal tersebut.

"Kami memberi waktu cut off kepada AP II tanggal 16 Juni 2016 sampai semua mandatory wajib bisa diselesaikan sesuai kebutuhan safety, security, dan service," kata Yudhi di Terminal III Ultimate, Senin (13/6).

Menurut Yudhi, Terminal III ingin dipromosikan sebagai citra Indonesia karena akan melayani penerbangan internasional. Meskipun tidak menunjukkan secara spesifik hasil temuan Kemehub, Yudhi mengisyaratkan banyaknya sejumlah perlengkapan kecil dari segi fasilitas Terminal III yang belum selesai.

Misalnya, sejumlah air conditioning Terminal III harus dipastikan bisa berfungsi dengan baik. Yudhi juga menegaskan pentingnya mekanisme pemeriksaan di Terminal III menjaga keamanan penumpang. Yudhi juga mencatat pentingnya kestabilan listrik non stop agar tidak terjadi mati lampu dan menghambat aktivasi Terminal III.

Oleh sebab itu Kemenhub mengimbau AP II menyelesaikan comissioning agar bisa mengeluarkan sertifikat pengoperasian bandara.

"Apabila sampai tanggal tersebut belum selesai, maka pengoperasian terminal pada tanggal 20 Juni akan kami tunda sampai semua persyaratan dapat diselesaikan AP II," tegas Yudhi Sari.

Direktur Keamanan Penerbangan Ditjen Perhubungan Udara, Nasir Usman menyatakan dari segi keamanan Terminal III Ultimate baru menyelesaikan 80% saja.

"Masih ada 20% keamanan yang beluk selesai, tinggal polesan saja tetapi harus diselesaikan," tuturnya.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi menyanggupi kebijakan Kemenhub dan dia optimistis AP II mampu menyelesaikan pembenahan sampai 16 Juni 2016.

"Kami sudah berjanji tanggal 16 sudah selesai semua, dan semoga tanggal 20 Juni bisa beroperasi," terang Budi.

Pasalnya, 20 Juni 2016 mendatang Terminal III Ultimate akan mulai mengoperasikan keberangkatan domestik di gate 3, 4, dan 5 untuk penerbangan menuju Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Budi mengakui penerbangan pada 20 Juni hanya memakai tak lebih dari 10% porsi Terminal III Ultimate karena belum melayani keberangkatan internasional.

"Kami sudah lakukan percepatan sejak dua minggu lalu dengan dua shift, sumber daya manusia di Terminal III juga sudah disiapkan," tutur Budi.

Berdasarkan pengamatan Bisnis, Terminal 3 Ultimate belum seluruhnya rampung. Sejumlah kegiatan pembangunan dan pembenahan masih berlangsung di area kedatangan (arrival area). Selain itu area tenant untuk kawasan komersil nampak masih belum terisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper