Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masa Jaya Batu Akik Meredup, Mmzet Turun 70%

Omzet pedagang batu akik di Pasar Raya Kota Padang turun 70 persen pada 2016 dibanding tahun sebelumnya karena masyarakat yang hobi batu akibat berkurang.
Batu akik/Antara
Batu akik/Antara

Bisnis.com, PADANG - Omzet pedagang batu akik di Pasar Raya Kota Padang turun 70 persen pada 2016 dibanding tahun sebelumnya karena masyarakat yang hobi batu akibat berkurang.

"Batu akik pada 2016 kurang diminati oleh kalangan umum," kata penjual sekaligus pengasah batu akik di Jalan Hiligo Gang Nusantara Bolding, Pasar Raya Padang, Arya Oktarian (19), Selasa (14/6/2016).

Menurutnya, fenomena batu akik di daerah itu tidak lagi sesemarak 2015 karena dia mengamati setiap tahun setelah berjualan sejak kelas 3 SD hingga sekarang.

"Tahun lalu omzet per bulan mencapai puluhan juta rupiah, sekarang menurun drastis hingga hanya Rp1 juta," ujarnya.

Dia mengaku dulu pernah berjualan batu akik bersama ayahnya sampai ke Pekanbaru dan memperoleh penghasilan Rp200 juta sebulan.

Ia mengatakan batu yang banyak peminatnya saat itu adalah batu akik Sungai Dareh, Bacan, dan Batu Gambar. "Turunnya peminat sekarang ini berasal dari masyarakat umum," katanya.

Penghobi batu akik, Tamarudin (78), mengatakan tahun sekarang pecinta serta pembeli batu akik sudah jauh berkurang dari sebelumnya.

"Saya sudah 48 tahun hobi batu akik sampai sekarang, tapi tahun ini sangat sepi," kata Tamarudin sembari mengatakan turunnya minat kepada batu akik juga disebabkan faktor ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper