Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keluarkan Jurus 'Marketing Gila', Pertamina Luncurkan Bright Gas 5,5 Kg

PT Pertamina (Persero) mengeluarkan jurus marketing gila dengan meluncurkan produk Bright Gas yang merupakan LPG nonsubsidi kemasan 5,5 kilogram yang menyasar konsumen menengah ke atas di Kota Palembang.
Bright gas/JIBI-Rachman
Bright gas/JIBI-Rachman

 

Bisnis.com, PALEMBANG – PT Pertamina (Persero) mengeluarkan jurus “marketing gila” dengan meluncurkan produk Bright Gas yang merupakan LPG nonsubsidi kemasan 5,5 kilogram yang menyasar konsumen menengah ke atas di Kota Palembang.

Tabung gas dengan kemasan dan warna menarik, yakni merah muda, itu sebelumnya telah sukses diluncurkan di kota besar lain, seperti Jakarta, Bandung, Balikpapan, Yogyakarta, Semarang dan Surabaya sejak tahun lalu.

Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang mengatakan Bright Gas merupakan inovasi perusahaan untuk meningkatkan profit di tengah tugas BUMN itu memenuhi public service obligation (PSO).

“Tahun ini kami menerapkan 'marketing gila' karena walaupun disuruh PSO ya [perusahaan] tetap harus profit. Salah satu produk [kegilaan] kami LPG 5,5 kg dengan warna pink ini,” katanya saat membuka peluncuran Bright Gas 5,5 Kg dan Bright Gas Can 220 Gr di Kota Palembang, Jumat (3/6/2016).

Dia mengemukakan produk yang bakal segera dinikmati warga Kota Palembang itu memiliki banyak keunggulan, seperti bentuk dan ukurannya yang ramping serta ringan.

Sehingga, kata Bambang, ibu rumah tangga yang merupakan sasaran utama pemasaran produk itu lebih nyaman menggunakannya. Berat kosong tabung tercatat hanya 7,1 kg dan berat total termasuk isi sekitar 12,6 kg.

“Salah satu alasan ibu-ibu tidak mau beli LPG nonsubsidi itu karena tidak mampu angkat tabungnya sendiri, berat. Jadi kami melakukan terobosan di Bright Gas yang ringan dengan warna yang ceria,” ujarnya.

Dia mengatakan target konsumen Bright Gas 5,5 kg adalah wanita karir, ibu rumah tangga yang dinamis atau keluarga kecil di Kota Palembang yang memasak dengan frekuensi lebih sedikit.

Tak hanya itu, dia menambahkan, pihaknya juga memberikan keamanan dua kali lipat dibanding tabung LPG 3 kg yang mana ada katup ganda dengan mengadopsi teknologi double spindle valve system (DSVS).

Bambang mengatakan perseroan bakal mendistribusikan sebanyak 5.000 tabung Bright Gas selama pekan pertama setelah peluncuran di Palembang.

“Kami yakin dalam satu minggu ini, 5.000 tabung akan habis. Selanjutnya akan kami tambah lagi pasokannya,” ujarnya.

Adapun harga kemasan perdana Bright Gas 5,5 kg dijual seharga Rp320.000 sementara untuk isi ulang produk senilai Rp61.500 per tabung.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dinda Wulandari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper