Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apexindo Incar Blok ONWJ

PT Apexindo Pratama Duta, Tbk mengincar blok Offshore Northwest Java (ONWJ) yang akan membuka lelang untuk melakukan pengeboran.
PT Apexindo Pratama Duta/apexindo.com
PT Apexindo Pratama Duta/apexindo.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Apexindo Pratama Duta, Tbk mengincar blok Offshore Northwest Java (ONWJ) yang akan membuka lelang untuk melakukan pengeboran.

General Marketing PT Apexindo Pratama Duta, Irawan Sigit mengatakan kegiatan pengeboran kini cenderung menurun. Oleh karena itu, pihaknya memanfaatkan peluang yang ada dengan mengincar kegiatan pengadaan di Blok ONWJ milik Pertamina Hulu Energi.

Bila dihitung dari jumlah rig yang beroperasi, umumnya bekerja hingga 90%, kini hanya di kisaran 40%. Saat ini, pihaknya memiliki 18 rig dengan delapan di antaranya khusus offshore, delapan unit rig untuk onshore, FPSO dan Rig Jack Up. 

"Baru akan ada kontrak ONWJ. Ya kita berminat," ujarnya di sela acara Rapat Kerja Nasional INSA di Jakarta, Senin (16/5/2016).

Tahun ini, ujarnya, kontrak yang dikantongi baru berasal dari Santos. Selama harga minyak murah, tutur Irwan, semakin tipis peluang mendapat kontrak karena penurunan kegiatan minyak dan gas bumi terjadi sebesar 60%.

Dengan demikian, pihaknya berharap agar kontrak baru bisa diprioritaskan kepada penyedia jasa pengeboran begitu pula dengan kapal yang digunakan berasal dari dalam negeri. 

"Pemberi kerja melihat enggak ekonomis project-nya jadi mereka tidak mengatakan tender," katanya.

Meski begitu, pihaknya mengakui, belum bisa menjawab tantangan pengembangan proyek minyak dan gas bumi yang mengarah ke tepi pantai (offshore) dan berada di wilayah-wilayah dengan perairan dalam. Saat ini, pihaknya hanya bisa memfasilitasi kegiatan di laut dengan kedalaman maksimum 150 meter. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper