Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awang Faroek: Kaltim Jadi Pelopor Provinsi yang Naikkan UMP Hingga 100%

Kalimantan Timur merupakan provinsi yang telah memelopori kenaikan upah minimum provinsi di Kaltim sebesar 100% dari kebutuhan hidup layak.
Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek/youtube
Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek/youtube

Bisnis.com, SAMARINDA - Kalimantan Timur merupakan provinsi yang telah memelopori kenaikan upah minimum provinsi di Kaltim sebesar 100% dari kebutuhan hidup layak.

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengatakan saat banyak daerah lain masih bersitegang terkait penetapan Upah Minimum Provinsi [UMP], Kaltim sudah melakukan kebijakan terbaik. Ke depan, semua pekerja Kaltim harus lebih sejahtera. "Alhamdulillah UMP Kaltim 100% KHL [Kebutuhan Hidup Layak] Kesejahteraan buruh memang harus diperhatikan," ujarnya, Minggu (1/5/2016).

Menurutnya, masyarakat Kaltim mulai buruh hingga pegawai pemerintahan ke depan harus mendapatkan kesejahteraan yang layak di Bumi Etam. Pasalnya, seluruh rakyat Kaltim yang bekerja harus mendapatkan imbalan yang cukup untuk menghidupi keluarga mereka, termasuk juga Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sejalan dengan peningkatan kesejahteraan, lanjut Awang, setiap pekerja juga dituntut bekerja lebih baik. Begitu juga PNS diharapkan dapat melayani masyarakat dengan baik. Sehingga kepercayaan masyarakat kepada pemerintah semakin baik.

"Saya harap ke depan kesejahteraan semua tenaga kerja di Kaltim terus meningkat, tidak ada kemiskinan. Angka kemiskinan dan pengangguran harus semakin menurun. Pendapatan petani, nelayan hingga masyarakat yang bergerak di ekonomi kerakyatan terus meningkat," tuturnya.

Dia berharap dengan adanya upaya kemudahan pelayanan perizinan kepada masyarakat yakni izin usaha satu lembar dalam satu hari di masing-masing kecamatan tanpa dipungut biaya ini dapat menekan angka pengangguran di Kaltim.

"Tidak boleh ada pengangguran, harus memanfaatkan izin usaha mikro kecil dan menengah yang dapat diperoleh satu hari ini," kata Awang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper