Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kopi Temanggung Tembus Pasar AS

Pemasaran kopi asli dari Kabupaten Temanggung bersiap masuk pasar kopi dunia, termasuk Amerika.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, SEMARANG--Pemasaran kopi asli dari Kabupaten Temanggung bersiap masuk pasar kopi dunia, termasuk Amerika.

Untuk mewujudkan hal itu dalam ajang pameran kopi tingkat dunia yang digelar Speciality Coffee Association of America (SCAA) di Atlanta, Georgia, pada 14-17 April 2016, kopi Temanggung ikut serta ambil bagian sebagai peserta .

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Temanggung Ronny Nurhastuti mengatakan, ajang pameran kopi dunia tersebut paling bergensi setiap produsen kopi dapat mempromosikan produk kopi dari masing-masing negara.

"Dalam pameran tersebut, Kabupaten Temanggung akan menampilkan kopi jenis Arabica dan Robusta bersama Aceh bakal mengisi stan yang disediakan Kementerian Perdagangan RI," ujarnya dalam rilisnya, Jumat (15/4/2016).

Kopi Temanggung sebelumnya masuk delapan besar pada festival kopi di Swedia dan menang ajang kopi cita rasa nusantara di Jakarta. Menurutnya, pada SCAA itu akan dibawa kopi tradisional yang tidak diproses dengan mesin, melainkan secara tradisional.

"Melalui ajang SCAA yang akan diikuti itu, kopi Temanggung lebih dikenal di dunia dan pendapatan petani meningkat serta sejahtera," paparnya.

Selama ini, ujarnya, kopi Temanggung sebenaranya sudah diekspor, tetapi melalui ekportir dari luar Temanggung. Ke depan diharapkan ada eksportir langsung dari Temanggung. Adapun, dalam pengolahan kopi diproses melalui dua metode, yakni pengolahan basah dan kering untuk hasil yang terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper