Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemasaran Pariwisata Indonesia: Dana Marketing ke Luar Negeri Capai Rp3 Triliun

Kementerian Pariwisata pada tahun ini menganggarkan dana pemasaran pariwisata Indonesia ke luar negeri sekitar Rp3 triliun, atau naik 77% dibandingkan realisasi tahun lalu.
Ilustrasi: Objek wisata di Teluk Tomini/Indonesia.travel
Ilustrasi: Objek wisata di Teluk Tomini/Indonesia.travel

Bisnis.com, JAKARTA --  Kementerian Pariwisata tahun ini menganggarkan dana pemasaran pariwisata Indonesia untuk program  luar negeri sekitar Rp3 triliun atau naik sekitar 77% dibandingkan realisasi tanun lalu yang mencapai Rp1,7 triliun.

Kementerian Pariwisata, kata Nia Niscaya, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika, Kementerian Pariwisata, menganggarkan dana pemasaran pariwisata pada tahun ini sekitar Rp3 triliun, sedangkan pada 2015 mencapai Rp1,7 triliun.

Peningkatan anggaran pemasaran itu, katanya, untuk memperkuat branding pariwista Indonesia di luar negeri, sehingga semakin banyak orang mengenal pariwisata Indonesia.

Selain melakukan kegiatan untuk memperkuat branding, katanya, Kementerian juga melakukan stategi promosi dan selling yang mempertemukan perusahaan Indonesia dan buyers luar negeri.

“Anggaran terbesar untuk branding mencapai sekitar 50% dari anggaran pemasaran,” kata Nia setelah acara pertemuan dengan Menteri Muda Perdagangan Luar Negeri, Pariwisata dan Urusan Warga Prancis di Luar Negeri, Matthias Fekl yang berlangsung di kantor Kedutaan Besar Prancis, Kamis (7/4/2016).

Kegiatan branding, kata Nia,  dilakukan di semua channel pemasaran antara lain  media cetak, televisi, sosial media.

“Hasil kegiatan branding tidak bisa langsung, karena perlu waktu,” ujar Nia.

Ranking brand pariwisata Indonesia kini berada pada urutan ke 47, sedangkan Singapura berada di urutan 41.

Strategi lain untuk menarik turis asing ke dalam negeri yaitu dengan promosi yang anggarannya mencapai sekitar 30% dari total dana pemasaran dan 20% untuk program selling yang mempertemukan travel lokal dan buyers dari luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Efita
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper