Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terminal Baru Bandara Husein Sastranegara Resmi Beroperasi

PT Angkasa Pura II menyebutkan terminal baru Bandara Husein Sastranegara Bandung resmi beroperasi pada April 2016 ini, dan menghabiskan biaya investasi hingga Rp180 miliar.
Ringkang Gumiwang
Ringkang Gumiwang - Bisnis.com 03 April 2016  |  14:51 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—PT Angkasa Pura II menyebutkan terminal baru Bandara Husein Sastranegara Bandung resmi beroperasi pada April 2016 ini, dan menghabiskan biaya investasi hingga Rp180 miliar.
 
Director of Airport Service & Facility Angkasa Pura II Ituk Herarindri mengatakan daya tampung terminal Bandara Husein Sastranegara saat ini mencapai 3,4 juta penumpang, naik hampir empat kali lipat dari sebelumnya hanya 750.000 penumpang.
 
“Melalui pengembangan dan pembangunan terminal, bandara tersebut akan menyuguhkan kenyamanan berlipat ganda karena areanya menjadi lebih luas, lebih nyaman, dan bernuansa art gallery,” katanya di Jakarta, Minggu (03/04).
 
Ituk menambahkan desain terminal baru tersebut terinspirasi dari arsitektur tradisional atap rumah khas Jawa Barat, yakni Leuit dan Julang Ngapak, serta senjata tradisional khas Jawa Barat yakni Kujang.
 
Selain itu, terminal tersebut juga mengusung konsep Butik Bandara. Interior didalamnya didesain dengan suasana seperti di galeri, termasuk pameran lukisan, alunan musik tradisional, benda karya seni dan lain sebagainya.
 
Di sisi lain, pengembangan terminal Husein Sastranegara tersebut juga meningkatkan luas area komersial menjadi sekitar 3.000 meter persegi, atau naik enam kali lipat dari sebelumnya hanya 500 meter persegi.
 
Saat ini, Husein Sastranegara masih mengandalkan satu landasan pacu dengan panjang 2.500x45 meter. Dengan panjang landasan pacu tersebut, pesawat yang bisa mendarat antara lain seperti Boeing 737-800 NG, Airbus A320, dan Boeing 737-900 ER.
 
Operator penerbangan yang beroperasi antara lain AirAsia, Lion Air, PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA), Citilink, Express Air, Silk Air, Wings Air, Susi Air, dan Tiger Air. Adapun, wajah baru Husein Sastranegara tersebut diklaim sekelas dunia.
 
Ituk meyakini terminal baru tersebut dapat memberikan manfaat dan kesan lebih baik bagi para pengguna jasa bandara, terutama wisatawan asing. Dia berharap terminal baru tersebut juga dapat mendukung sektor pariwisata Bandung.
 
Dalam catatannya, Bandung merupakan salah satu destinasi wisatawan asing seperti Singapura, Malaysia dan Tiongkok. Dalam tiga tahun terakhir, angka wisatawan asing yang berkunjung ke Bandung juga terus mengalami kenaikan.
 
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung sendiri menargetkan sebanyak 5,6 juta wisatawan akan berkunjung ke Bandung. Target tersebut naik 12% dari target tahun lalu sebanyak 5 juta wisatawan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

terminal bandara husein sastranegara
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top