Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menkop Didik 300 Peserta Ikuti Program Magang di Bali

Selama 25 hari, Kementerian Koperasi dan UKM mendidik sekitar 300 pemuda yang ada di Provinsi Bali untuk terjun langsung dalam dunia kerja melalui program magang.
Ilustrasi magang/cilacap.olx.co.id
Ilustrasi magang/cilacap.olx.co.id

Bisnis.com, DENPASAR -‎Selama25 hari, Kementerian Koperasi dan UKM mendidik sekitar 300 pemuda yang ada di Provinsi Bali untuk terjun langsung dalam dunia kerja melalui program magang.‎

Atas dukungan semua pihak, termasuk Dinas Koperasi dan UKM setempat, program ini sampai saat ini berjalan dengan
baik dan banyak memberikan manfaat bagi para pemuda dalam meningkatkan kapasitas SDM mereka melalui kegiatan magang.

"Kegiatan ini juga bertujuan mempersiapkan diri para pemuda dalam memasuki dunia kerja, sebagai wirausaha muda pemula yang tangguh", kata Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementrian Koperasi dan UKM Prakoso BS, dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (20/3).

Program di Bali tersebut merupakan rangkaian dari Program Magang Kemenkop dan UKM tahun 2016 yang dimulai sejak 13 Februari 2016 denganmendidik peserta magang sebanyak 500 orang di tiga provinsi yaitu, Bali, Kalimantan Barat (Pontianak) dan Sulawesi Tengah (Palu).

Khusus untuk Bali saja, telah dididik peserta magang sejumlah 300 orang dengan komposisi 100 orang peserta dari Kota Bangli, Kota Denpasar dan Kabupaten Klungkung.

Prakoso berharap, dengan program peran serta dunia usaha dalam kegiatan magang bagi pemuda tahun 2016 ini, para peserta mampu menciptakan lapangan kerja bagi diri sendiri maupun masyarakat sehingga, menambah jumlah pelaku wirausaha muda dan dapat menekan jumlah pengangguran.

"Saat ini, sangat diperlukan transfer of knowledge dari pelaku dunia usaha dan semangat berwirausaha bagi para peserta magang", ujar Prakoso.

Apalagi, lanjut dia,‎angka pengangguran sebesar 7,2 juta jiwa (5,94%), ternyata masih didominasi angkatan kerja terdidik, baik lulusan SMA, sekolah kejuruan, hingga perguruan tinggi.

"‎Kamiakan terus berupaya menggulirkan program yang bisa mengubah mindset para pemuda dari job
seeker menjadi job creator", imbuh Prakoso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Marsya Nabila
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper