Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ditlantas Masih Temukan Metro Mini Tak Laik Jalan Masih Beroperasi

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya masih menemukan Metro Mini tak laik jalan beroperasi di jalanan DKI Jakartan
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 19 Maret 2016  |  20:42 WIB
Ditlantas Masih Temukan Metro Mini Tak Laik Jalan Masih Beroperasi
Bus Metromini dan Kopaja - Jibiphoto
Bagikan

Bisnis.com.com, JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya masih menemukan Metro Mini tak laik jalan beroperasi di jalanan DKI Jakarta.

Hal itu terungkap dalam pengamatan lapangan dan patroli rutin yang dilakukan oleh korps kepolisian jalan raya tersebut.

"Pemantauan di lapangan pada saat melakukan penegakan hukum dan giat rutin patroli, kami menemukan beberapa mobil Metro Mini yang tak laik jalan," kata Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantaa Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, Sabtu (19/3/2016).

Dari data Subdit Bin Gakum Ditlantas Polda Metro Jaya, setidaknya hari ini, pihaknya menemukan sekitar 15 bus Metro Mini yang diketahui tak laik jalan.

Menurut Budiyanto, ada beberapa kategori bus Metro Mini tak laik jalan yakni secara fisik menunjukan bus tak terawat dengan baik dan bus sudah melampaui umur kendaraan yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Situasi seperti ini tentu akan berbahaya bagi keamanan dan keselamatan pengguna jalan raya," ujarnya lagi.

Secara statistik, tiap tahun terjadi tren kenaikan jumlah kecelakaan Metro Mini. Pada tahun 2014 angka kecelakaan angkutan umum tersebut mencapai 12.806. Pada tahun 2015 angka ini naik 15% yakni mencapai 15.907 kendaraan.

Karena itu dia meminta kepada Pelayanan terpadu Satu Pintu ( PTSP ) yang berwenang memberikan perizinan untuk lebih selektif dalam memberi ijin kendaraan untuk meminimalisir kecelakaan akibat bus tak laik jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

metromini
Editor : Linda Teti Silitonga
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top