Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siasat Dapur Sempit Menjadi Lapang

Wolf yang dikenal memiliki desain bernuansa halus dan tenang itu seringkali memberikan solusi masalah ruangan dalam hunian, salah satu dapur.
Penggunaan cahaya yang baik adalah hal yang sangat penting saat memasak. /Huffington Post
Penggunaan cahaya yang baik adalah hal yang sangat penting saat memasak. /Huffington Post

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki ruang dapur yang tidak terlalu luas merupakan masalah tersendiri bagi penghuninya, khususnya bagi mereka yang kesehariannya banyak menghabiskan waktu di dapur. Berbagai cara dilakukan si penghuni, baik yang tinggal di apartemen maupun rumah untuk membuat dapurnya tampak lebih lapang.

Namun tidak perlu khawatir, bagi Anda yang memiliki ruang masak-memasak yang tidak terlalu besar. Anda dapat memperhatikan lima solusi dari desainer interior asal New York, Amerika Serikat Jenny Wolf untuk memberikan kesan luas pada dapur kesayangan.

Wolf yang dikenal memiliki desain bernuansa halus dan tenang itu seringkali memberikan solusi masalah ruangan dalam hunian, salah satu dapur.

"Saya percaya orang-orang suka menghabiskan waktu di dapur, bahkan jika dapur yang mereka miliki tergolong kecil. Namun, saya hanya bertugas untuk memberikan desain yang tepat dan selalu mengingat kebutuhan klien. Anda dapat bekerja di dalam ruang kecil jika dapat menyeimbangkan antara fungsi dan bahan,” jelas Wolf dikutip Huffington Post.

Oleh karena itu, Wolf dapat dibilang seorang desainer yang mampu menipu mata, sehingga,  ruang sempit di tangannya jadi nampak luas. Berikut beberapa lima hal yang dapat diterapkan untuk membuat lapang dapur kesayangan Anda.

Pertama, Anda harus mempertimbangkan penggunaan backsplash pada dinding dapur Anda. Backspalsh merupakan dinding yang dipasang pada sepanjang kitchen set. Pada dapur yang tidak terlalu luas, dapat menggunakan backsplash bermaterial kaca. Pasalnya, kaca dapat membantu memantulkan cahaya yang memberikan kesan luas pada dapur.

“Penggunaan backsplash berbahan kaca sangat berguna saat dapur Anda kekurangan cahaya. Kaca dapat membantu membuka ruang dan memantulkan cahaya di sekitar ruangan. Dengan begitu, dapur akan lebih enak dipandang daripada melihat dinding yang polos,” ujarnya.

Kedua, yang harus dilakukan untuk memberikan kesan lebar di dapur Anda adalah menggunakan warna cat cerah baik pada dinding, seperti putih, peach, atau krem. Warna yang bersifat cerah dapat membantu visual untuk memberikan kesan luas pada ruangan.

“Dapur yang cerah memberikan nuansa ruang yang lebih luas. Terkadang, jika ada pemandangan bagus di luar jendela, saya ingin membawa nuansa itu ke dalam dapur. Menjaga pencahayaan pada bagian dinding, backsplash, dan countertop kitchen membantu dapur kecil Anda terlihat lebar,” tutur desainer Negeri Paman Sam itu.

Ketiga, Anda dapat menggunakan rak terbuka. Pilihan rak ini akan memudahkan Anda untuk mengambil peralatan dapur dan membuat dapur lebih luas. “Rak terbuka sangat fungsional. Namun, harus memperhatikan arsitektur dapur karena Anda tidak selalu bisa menggunakan rak tinggi. Terutama jika tinggi dapur Anda tidak lebih dari 3 meter,” katanya.

Keempat, pengaplikasian pola atau corak tertentu di tempat-tempat yang tak terduga seperti lantai dapur dapat mempengaruhi visual sehingga juga dapat memberikan kesan luas pada dapur.

“Lantai dapur seringkali diabaikan. Padahal, itu adalah tempat yang sempurna untuk mengaplikasikan elemen desain yang berdampak besar. Lantai bermotif akan memberikan ilusi luas bagi ruangan. Pemberian pola chevron, herringbone pada lantai kayu juga dapat memberikan kesan bohemian pada dapur,” jelasnya.

Kelima, penggunaan permainan cahaya. Penggunaan cahaya yang baik adalah hal yang sangat penting saat memasak. “Khusus area dapur, jangan berhemat pada pencahayaan. Gunakan perlengkapan yang tidak makan tempat seperti down light, dan memberikan pencahayaan pada bagian bawah kabinet,” kata Wolf.

Anda tertarik? Silakan bereksperimen dengan dapur Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu (24/1/2016)

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper