Storage Sebagai Elemen Home Decor

Storage atau tempat penyimpanan lazim menjadi wadah penyelamat untuk menampung barang-barang yang bertebaran, sehingga terlihat lebih teratur. Namun, pemilihan storage juga tak bisa asal pilih.
Azizah Nur Alfi | 10 Januari 2016 04:45 WIB
/ Foto: Dok. Uwitan Furniture

Bisnis.com, JAKARTA - Storage atau tempat penyimpanan lazim menjadi wadah penyelamat untuk menampung barang-barang yang bertebaran, sehingga terlihat lebih teratur. Namun, pemilihan storage juga tak bisa asal pilih.

Anda perlu memperhatikan warna, desain, dan material agar tempat penyimpanan sehingga tidak sekadar fokus pada fungsi saja, tetapi dapat dijadikan sebagai elemen home décor.

Peluang ini yang diterapkan oleh pemilik Uwitan Furniture Kayu Aryane Dewi yang dikenal memproduksi boks rotan berwarna. Boks berukuran 30x30x30 cm, berbahan dasar utama rotan core sebagai kerangka yang mengelilingi badan boks.

Kerangka diletakkan mengelilingi boks agar storage memiliki kemampuan menahan beban dapat lebih kuat. Berbeda jika kerangka rotan berada pada sudut boks, maka kemampuan menahan beban jadi lebih rendah. Sementara pada anyaman luar boks menggunakan kulit rotan atau biasa disebut peel. Bentuknya yang lebih lentur memudahkan saat proses anyam.

Boks rotan tersebut hadir sepaket dengan rak berukuran 35x35x40 cm. Rak kayu berbahan dasar utama kayu pinus ini dapat menampung enam boks yang berukuran sama. Kayu pinus dipilih karena memiliki kekuatan yang tahan terhadap cuaca ekstrim, selain sebagai alternatif penggunaan kayu jati yang makin sulit dan mahal dijumpai.

Kesan alami tampil dari material rotan dan warna asli yang dipertahankan. Namun, Anne memberi sentuhan warna pastel dan cerah pada beberapa boks untuk memberikan kesan lebih segar. Warna yang mencolok seperti merah, hijau, dan biru sekaligus dapat berfungsi sebagai dekorasi ruangan.

Sementara itu warna kayu pinus pada rak tetap dipertahankan. Sebab, warna alami kayu pinus cenderung lebih cerah dari jenis kayu yang lain. "Awalnya warna natural. Namun, seiring banyak pesanan dari para ibu muda yang ingin sekaligus sebagai home decor, maka kami beri warna agar lebih segar," katanya.

Anne mengatakan penggunaan warna cerah dan pastel ini sebagai pembeda dari produk kebanyakan yang hadir dengan warna alami rotan. Selain itu, warna cerah mewakili konsumen Uwitan yang merupakan kalangan ibu muda dan pasangan yang baru menikah.

"Selain sebagai home decor, tidak sedikit warna-warna ini ditampilkan dalam ruangan untuk mengenalkan warna pada si anak," katanya.

Penggunaan rak sebagai wadah boks agar terlihat lebih teratur. Selain itu, cara ini dilakukan untuk memudahkan penghuni rumah saat mencari barang. Namun, boks rotan juga dapat berdiri sendiri, dimana anyaman rotan akan terlihat lebih menonjol. Anne mengatakan penempatan boks rotan dapat lebih fleksibel menyesuaikan kebutuhannya.

Bagi Anda yang menggunakan boks rotan ini, Anne menyarankan untuk selalu meletakkan pada lantai yang kering. Dia menyarankan untuk boks ini terhindari dari daerah lembab. Sementara untuk menghilangkan debu, cukup dibersihkan menggunakan sikat kering kemudian dioles dengan minyak yang khusus digunakan untuk furniture kayu. Tujuannya untuk mengembalikan warna mengkilap pada furnitur.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
hunian, desain rumah

Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu (10/1/2016)

Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top