Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Jokowi Minta Menteri Fokus Pada Lima Indikator Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para menterinya untuk fokus pada lima indikator dalam menjalankan program-programnya, terutama untuk mendorong pemerataan kesejahteraan rakyat.
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Antara
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Antara

Bisnis.com, JAKARTA --  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para menterinya untuk fokus pada lima indikator dalam menjalankan program-programnya, terutama untuk mendorong pemerataan kesejahteraan rakyat.

"Sering saya sampaikan  kerja kita harus fokus pada lima indikator penting," kata Presiden Jokowi dalam sidang kabinet paripurna di Kantor Presiden Jakarta, Rabu (23/12/2015).

Indikator pertama yang dimaksud yakni pertumbuhan ekononomi, kedua pengendalian inflasi, dan ketiga penanggulangan kemiskinan.

Sementara keempat penyerapan tenaga kerja dan pengurangan pengangguran, kelima masalah kesenjangan atau ketimpangan ekonomi.

"Ini harus terus dimonitor pencapaian indakator itu dari hari ke hari dari bulan ke bulan," katanya.

Hal itu menurut Presiden sangat penting karena pada awal tahun depan Indonesia akan memasuka era persaingan ketat yakni Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"MEA ini adalah kesempatan sekaligus tantangan, kita tidak boleh terus-menerus menjadi jago kandang," ujarnya.

Ia meminta kepada seluruh jajaran pemerintahan untuk bisa mendorong agar MEA bisa digunakan sebagai instrumen untuk mendorong perkuatan daya saing industri di Indonesia baik BUMN maupun swasta.

"Memperkuat daya saing UMKM kita dan mendorong ekspor kita, kita tidak perlu ragu khawatir yang penting menurut saya, bagaimana yang kurang diperbaiki yang belum baik diperbaiki, belum efisien diefisienkan, yang belum mempunyai daya saing diinjeksi agar mempunyai daya saing yang baik," ujarnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper