Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Paket Kebijakan Ekonomi VIII: Pertamina Segera Bangun Kilang BBM di Tuban

Dalam waktu dekat, Pertamina akan membangun kilang BBM yang berlokasi di Tuban, Jawa Timur. Pembangunan kilang berkapasitas 300.000 barel per hari (bph) tersebut menggunakan lahan milik Kementerian Kehutanan.
Kilang BBM/Ilustrasi
Kilang BBM/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam waktu dekat, Pertamina akan membangun kilang BBM yang berlokasi di Tuban, Jawa Timur. Pembangunan kilang berkapasitas 300.000 barel per hari (bph) tersebut menggunakan lahan milik Kementerian Kehutanan. Kilang akan dibangun dengan skema penugasan kepada Pertamina.

Saat ini Pertamina tengah mencari mitra untuk membangun kilang tersebut. "Banyak investor yang sudah berminat," ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.G.N. Wiratmaja Puja, Selasa (22/12/2015) malam.

Perusahaan tersebut telah mengantongi sembilan perusahaan yang akan menjadi mitra strategis. Investor-investor tersebut di antaranya berasal dari Arab Saudi, Kuwait, dan China.

Pemerintah dan Pertamina tengah mendiskusikan bentuk insentif yang akan diberlakukan. Target pengoperasian kilang dilakukan pada 2021.

Kilang kedua yang akan dibangun berlokasi di Bontang, Kalimantan Timur dengan skema KPBU. Lahan untuk kilang tersebut telah tersedia. Namun pembangunan kilang dengan skema KPBU membutuhkan regulasi turunan perpres berupa peraturan menteri (Permen).

Pemerintah tengah menyiapkan permen tersebut. "Perpres susah ditandatangani, tunggu diundangkan dan permen bisa lahir," tambahnya.

Kapasitas Kilang Tuban sebesar 300.000 bph. Kilang pengolahan tersebut ditargetkan beroperasi pada 2021. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fauzul Muna
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper