Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Jokowi hadiri pembukaan konferensi ketahanan pangan/JIBI Photo
Presiden Jokowi hadiri pembukaan konferensi ketahanan pangan/JIBI Photo

Bisnis.com, SEMARANG - Provinsi Jawa Tengah meraih lima penghargaan tingkat nasional di bidang pangan dari Presiden Joko Widodo karena pembangunan pertanian di provinsi setempat dinilai menunjukkan hasil yang positif.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko di Semarang, Selasa, mengatakan bahwa dua penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) 2015 diberikan kepada kepala daerah di provinsi setempat selaku pembina ketahanan pangan yakni Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk kategori Pembina Ketahanan Pangan Tingkat Provinsi, dan Bupati Pati Haryanto kategori Pembina Ketahanan Pangan Tingkat Kabupaten.

"Penghargaan APN 2015 diberikan atas inovasi dan kreasi masyarakat dan kepala daerah yang berhasil memperkuat ketahanan pangan di tingkat keluarga, regional, serta nasional," katanya, Selasa (22/12/2015).

Tiga penghargaan lainnya diberikan kepada Gabungan Kelompok Tani Harapan Makmur Desa Kuwu, Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak kategori Pelaku Pemberdayaan, Kelompok Mutiara Baru Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen kategori Pelaku Industri, serta Dyah Prabantari Penyuluh Pertanian Lapangan Tenaga Harian Lepas (THL) Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian Wilayah Kerja Penyuluh Pertanian Desa Bendo, Kecamatan Pantirejo, Kabupaten Sragen, kategori Pelayanan Penyuluh.

Atas lima penghargaan tersebut, Heru menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan terhadap ketersediaan pangan di Jateng, khususnya para penyuluh dan petani.

Menurut dia, penghargaan tersebut sekaligus menjadi tantangan bagi Jateng yang menjadi salah satu provinsi penyangga pangan nasional, terutama beras. "Artinya, Jateng memberikan kontribusi dalam pemenuhan kebutuhan beras di daerah yang kekurangan," ujarnya.

Selain beras, Pemprov Jateng juga masih terus menggenjot produktivitas komoditas pangan lainnya seperti jagung dan kedelai yang terhitung masih kurang.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Jateng Whitono menambahkan bahwa Gubernur Jateng Ganjar Pranowo selaku pembina telah melakukan berbagai hal luar biasa dalam mendukung ketahanan pangan di provinsi setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper