Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Natal dan Tahun Baru: PT KAI Tambah 2 Kereta Ekstra

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah dua kereta ekstra untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama puncak liburan Natal dan Tahun Baru 2016.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, SEMARANG—PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah dua kereta ekstra untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama puncak liburan Natal dan Tahun Baru 2016.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang Gatut Sutiyatmoko mengatakan penambahan dua gerbong akan beroperasi selama perayaan Natal dan Tahun Baru (Natalu) 1 Januari 2016.

Adapun kereta api yang dipersiapkan, antara lain, KA Argo Muria jurusan Semarang Tawang- Stasiun Gambir Jakarta serta KA Kertajaya jurusan Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen Jakarta.

Kereta Kertajaya memiliki 16 gerbong, sedangkan Argo Muria ada tujuh gerbong.

Adapun, arus penumpang dari Jakarta-Semarang pada puncak tanggal 27 Desember mendatang diperkirakan mencapai 331.312 orang.

"Kami tambah kereta untuk mengantisipasi lonjakan liburan Natal dan Tahun Baru," kata Gatut, Rabu (16/12/2015).

Dia mengatakan kedua kereta tersebut akan beroperasi sejak 20 Desember 2015 hingga 5 Januari 2016.

Penumpang dua kereta yang melewati wilayah Daop IV Semarang diprediksi meningkat sekitar 6%.

Dari perkiraan PT KAI Daop IV, penumpang selama long weekend perayaan Natal dan Tahun Baru 2016 sekitar 331.312 orang, melonjak dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama sebanyak 311.941 orang.

Selain antisipasi dua kereta, kata Gatut, pihaknya menyiapkan 13 lokomotif yang siap beroperasi dengan diidukung 22 rangkaian KRD dan KRDE untuk melayani perjalanan jarak pendek serta 95 gerbong cadangan.

"Untuk puncak kepadatan penumpang selama liburan Natal di Stasiun Tawang maupun Poncol, kami kira terjadi pada 27 Desember 2015 atau tepat di hari Minggu pekan depan," terangnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper