Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaringan Produsen Pakan Ikan Diperkuat

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperkuat jaringan produsen pakan ikan baik sehingga diharapkan ada koordinasi antara perusahaan berskala besar hingga produsen pakan berjenis UKM.
Ilustrasi./JIBI
Ilustrasi./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperkuat jaringan produsen pakan ikan baik sehingga diharapkan ada koordinasi antara perusahaan berskala besar hingga produsen pakan berjenis UKM.

"Diharapkan terjadi komunikasi yang bisa memotivasi para pelaku pakan mandiri dan memperkuat jejaring khususnya pakan ikan mandiri," kata Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto dalam acara Gelar Pakan Ikan Mandiri Nasional di Kantor KKP, Jakarta, Selasa (8/12/2015).

Menurut dia, gerakan pakan ikan mandiri guna mengembangkan UKM pakan bukanlah dimaksudkan bersaing dengan asosiasi perusahaan pakan ikan besar.

Namun, lanjutnya, hal tersebut karena kerja sama antara UKM dan asosiasi pakan ikan juga bermanfaat dalam mengembangkan industri pakan ikan di Tanah Air.

"Kami ingin mengangkat pembudidaya, begitu juga dengan teman-teman yang terjun di pakan ikan mandiri agar dikelola sebaik mungkin," kata Dirjen Budidaya KKP.

Dalam acara itu juga digelar penandatanganan akad kredit antara BRI dengan pelaku pembudidaya ikan di Indramayu, Jawa Barat.

Dengan penandatanganan itu, Slamet mengharapkan agar semakin banyak pelaku pembudidaya yang menggunakan sertifikat guna mengembangkan usahanya.

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan persepsi yang dimiliki pihak perbankan terhadap sektor kelautan dan perikanan kini telah berubah menjadi lebih positif dibandingkan beberapa waktu sebelumnya.

"Sektor kelautan dan perikanan sudah sangat menarik (bagi perbankan)," kata Direktur Pengawasan Bank OJK Slamet Edi Purnomo dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (18/11).

Hal itu, ujar dia, dapat dilihat dari tingkat NPL (kredit bermasalah) di sektor kelautan dan perikanan adalah sebesar 2,1 persen atau dibawah NPL sektor industri yang mencapai 2,7 persen.

Selain itu, lanjutnya, tingkat pertumbuhan sektor kelautan dan perikanan per tahun juga mencapai 12,5 persen atau di atas rata-rata pertumbuhan sektor industri yang masih di bawah 10 persen.

"Semoga ini akan menggugah semua industri jasa keuangan sehingga seluruhnya bisa mendukung. Kita harus optimistis tentang perkembangan sektor kelautan dan perikanan ke depannya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper