Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Taiwan Siap Pasok Permesinan di Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA Produsen permesinan Taiwan siap berekspansi di Indonesia dengan menyediakan produk yang lebih terjangkau dan berkualitas, untuk menyaingi dominasi produk permesinan asal Jepang di Indonesia.
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Produsen permesinan Taiwan siap berekspansi di Indonesia dengan menyediakan produk yang lebih terjangkau dan berkualitas, untuk menyaingi dominasi produk permesinan asal Jepang di Indonesia.

Li Lun Yeh, perwakilan dari departemen riset mesin dan manufaktur Industrial Economics and Knowledge Center Taiwan, mengatakan bahwa saat ini 58% kebutuhan permesinan di Indonesia dipenuhi dari Jepang. Sedangkan di urutan kedua, ada Taiwan dengan porsi 10% dengan nilai US$104,2 juta pada 2014.

“Indonesia masih banyak pakai produk Jepang. Ke depannya, kami ingin memperkenalkan produk permesinan dari Taiwan supaya nilai ekspor ini bisa bisa meningkat,” ujarnya di paviliun Taiwan pada pameran Manufacturing & Machine Tool Indonesia 2015 yang diselenggarakan PT Pamerindo Indonesia, Rabu (2/12/2015).

Dia mengatakan bahwa mesin yang diproduksi Taiwan sangat sesuai bagi rata-rata konsumen mesin  yang merupakan kalangan pelaku industri nasional. Hal tersebut disebabkan oleh jangka waktu penggunaan produk yang cukup panjang, juga karena harga yang ekonomis.

“Kalau dibandingkan Jepang yang durability-nya sampai 10 tahun, Taiwan berkisar 5 tahun, sedangkan China hanya 1 tahun. Selain itu dari sisi harga, harga produk Taiwan sekitar 15% lebih murah dari produk Jepang. Kalau China berkisar 15%-20% dari Jepang,” jabarnya.

Selain itu, dia mengatakan bahwa pihaknya juga siap bersaing dengan Jepang untuk produk-produk berkualitas tinggi. Dia menyadari bahwa tetap ada segmen dari konsumen Indonesia yang membutuhkan mesin dengan teknologi dan kualitas tinggi.

“Konsumen Indonesia bukan hanya untuk yang kualitas di tengah, tapi tinggi juga. Kami yakin bisa memenuhi itu. Kami sudah lihat Jepang seperti apa, tentunya tidak ingin kalah dalam memenuhi kebutuhan di segmen tersebut,” katanya.

Sekitar 120 perusahaan Taiwan mengikuti pameran yang diadakan oleh PT Pamerindo Indonesia, di antaranya adalah Tong Tai, Chin Fong, Honor Seiki, Yeong Chin Machinery (YCM), dan Victor Taichung.

Adapun pameran Manufacturing Indonesia Series 2015 dan Machine Tool Indonesia 2015 yang diselenggarakan di JiExpo Kemayoran Jakarta pada 2-5 Desember 2015 ini diikuti oleh 37 negara peserta, dengan target pengunjung berkisar 38.000 orang. Selain Taiwan, terdapat peserta pameran dari negara lain seperti Turki, China, Thailand, Jepang, Jerman  dan Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper