Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapal Angkut Ternak Pangkas Biaya Logistik Hingga 84%

Pemerintah memastikan kapal angkut khusus ternak sudah mulai melakukan distribusi pada Desember 2015 dan bisa menekan biaya logistik hingga 84%.

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah memastikan kapal angkut khusus ternak sudah mulai melakukan distribusi pada Desember 2015 dan bisa menekan biaya logistik hingga 84%.

 

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyebutkan selama ini biaya angkut satu ekor sapi dari Nusa Tenggara Timur (NTT) ke Jakarta mencapai Rp2 juta. Nantinya, dengan  kapal angkut khusus ternak, biayanya terhitung hanya Rp320.000 per ekor.  

 

“Ini kan turun drastis, Insya Allah mudah-mudahan tidak ada perubahan, Desember bisa masuk [distribusi sapi],”katanya di Kantor Wakil Presiden, Rabu(2/12/2015).

 

Kapal khusus ternak yang memiliki kapasitas angkut sebanya 500 ekor sapi itu diyakini akan membuat harga daging sapi lebih murah.

 

Seperti diketahui, pemerintah memesan lima unit kapal pengangkut ternak dari perusahaan galangan PT Adiluhung Saranasegara Indonesia. Saat ini, baru satu unit yang beroperasi, sementara sisanya baru akan beroperasi beberapa bulan mendatang.

 

Presiden Joko Widodo mengatakan pengadaan kapal khusus ternak itu bertujuan mengurangi biaya logistik sehingga harga daging bisa lebih murah. Operasional kapal melayani trayek Kupang-Bima-Tanjung Perak-Tanjung Emas-Bima-Kupang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lavinda
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper