Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Ubah Strategi Sosialisasi MEA

Pemerintah akan melakukan perubahan sosialisasi terkait implementasi pasar tunggal Asean kepada pelaku usaha dan masyarakat, mengingat masih minimnya pengetahuan dunia usaha terkait potensi dan dampak dari dilaksanakannya Masyarakat Ekonomi Asean.
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 02 Desember 2015  |  18:40 WIB
Pemerintah Ubah Strategi Sosialisasi MEA
Ilustrasi - asean.org
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah akan melakukan perubahan sosialisasi terkait implementasi pasar tunggal Asean kepada pelaku usaha dan masyarakat, mengingat masih minimnya pengetahuan dunia usaha terkait potensi dan dampak dari dilaksanakannya Masyarakat Ekonomi Asean.

Divisi Hubungan Masyarakat dan Promosi Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI) Kemenko Perekonomian Edib Muslim mengakui, selama ini sosialisasi yang dilakukan hanya fokus pada pelaksanaan MEA, bukan pada konsep MEA secara menyeluruh.

Menurutnya, ini menyebabkan banyaknya masyarakat dan pelaku usaha yang belum mengetahui besarnya potensi pasar yang bisa dimanfaatkan dalam MEA, termasuk risiko dari diterapkannya pasar bebas ini.

"Memang komunikasinya salah, akan kami ubah dengan menekankan pada benefit dari MEA itu sendiri agar publik bisa lebih memahami," katanya, Rabu (2/12/2015).

Edib juga mengakui bahwa kepekaan masyarakat terhadap MEA juga sangat rendah, pasalnya selama ini sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah belum menyentuh aspek dasar dari kebutuhan masarakat dan dunia usaha.

"Mereka tidak akan memerhatikan kalau sosialisasi tidak menyentuh transaksi sehari-hari mereka. Ini akan kami ubah tinggal koordinasi dengan Kemenkominfo," ujarnya.

Dalam riset yang dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dari 2.509 responden hanya 25,90% masyarakat umum serta 27,80% pengusaha dan pedagang yang memiliki pemahaman tentang MEA. Adapun, sebanyak 82,6% responden tidak mengetahui adanya mobilitas tenaga kerja dalam MEA nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mea 2015 masyarakat ekonomi asean
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top