Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kalla Kokoa Ekspor Cocoa Butter

Anak perusahaan Kalla Group yang bergerak di industri berbasis kakao, PT Kalla Kakao Industri (KKI) baru saja mengekspor mentega kakao (cocoa butter) ke Belanda pada Selasa (25/11).

Bisnis.com, JAKARTA – Anak perusahaan Kalla Group yang bergerak di industri berbasis kakao, PT Kalla Kakao Industri (KKI) baru saja mengekspor mentega kakao (cocoa butter) ke Belanda pada Selasa (25/11).

Ekspor kali ini merupakan pengapalan pertama mentega kakao oleh perusahaan tersebut.

Dari informasi yang diperoleh Bisnis dari situs resmi Badan Karantina Pertanian, Kalla Kakao mengekspor Negeri van Orange mentega kakao sebanyak 38,5 juta ton. Selain Belanda, Kalla Kakao juga menyasar negara lain sebagai tujuan ekspor.

“Beberapa negara yang juga disasar oleh Kalla Kakao yaitu Jerman, China, Jepang, dan Iran. Akhir bulan ini pengapalan ke Jerman dimulai dengan volume 150 ton. Untuk memenuhi kebutuhan ekspor ke sejumlah Negara tujuan, Kalla Kakao akan memproduksi 35.000 ton Butter Cocoa pertahun dan akan melakukan kegiatan ekspor paling sedikit sekali dalam seminggu,” ungkap rilis tersebut.

Sebagaimana diketahui, Sulawesi Tenggara merupakan daerah penghasil kakao yang cukup besar dan telah diekspor ke beberapa negara.

Oleh karena selama ini sarana dan prasarana pelabuhan di Kota Kendari belum memadai, sehingga ekspor kakao selama ini melalui pelabuhan-pelabuhan besar seperti Makassar dan Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper