Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TRANS MERAUKE-WAMENA: Panjang 230 Kilometer, Rampung 2016

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono optimistis finalisasi pembangunan Jalan Trans Papua untuk rute Merauke-Wamena sepanjang 230 kilometer dapat rampung pada 2016.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 26 November 2015  |  17:30 WIB
TRANS MERAUKE-WAMENA: Panjang 230 Kilometer, Rampung 2016
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (kiri). - Antara/Widodo S. Jusuf
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA --  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono optimistis finalisasi pembangunan Jalan Trans Papua untuk rute Merauke-Wamena sepanjang 230 kilometer dapat rampung pada 2016.

Dalam seminar ekonomi di Jakarta, Kamis (26/11/2015), Basuki mengatakan sisa ruas Merauke-Wamena sepanjang 70 kilometer sudah memasuki proses lelang dan termasuk proyek yang akan dikebut pengerjaan fisiknya pada awal 2016.

"Dengan begitu, kualitas konektivitas Merauke Wamena akan jauh lebih baik. Jangan sampai ada harga bahan makanan yang melambung karena ongkos distribusi," kata dia.

Konektivitas di Papua, kata Basuki, menjadi sasaran prioritas pemerintah untuk mengurangi beban logistik yang selama ini kerap melambungkan harga barang di Pulau tersebut. Masyarakat di Papua sulit terlepas dari beban mahalnya harga barang karena produsen dan distributor serta juga penjual ritel kerap memasang harga tinggi karena mahalnya biaya logistik.

"Seperti di Wamena satu botol air mineral bisa Rp 50 ribu," kata Basuki. Sementara di Jawa, satu botol air mineral serupa dibanderol hanya Rp3000.

Untuk 2016, dalam kesempatan sebelumnya, Basuki mengatakan anggaran untuk pembangunan Trans Papua sebesar Rp3,8 triliun. Rute Wamena-Merauke hanya salah satu dari rute keseluruhan Trans Papua yakni Sorong-Manokwari-Wamena-Jayapura-Merauke.

Total panjang jalan Trans Papua dirancang sepanjang 4.325 kilometer, yang dibagi menjadi jalan nasional sepanjang 2.685 kilometer dan non-nasional 1.379 kilometer. Hingga saat ini total jalan yang belum tersambung adalah 825 kilometer.

"Target kami pada 2018 semua rute tersambung," kata dia.

Kontrak untuk pembangunan Trans Papua yang sudah berjalan selama ini banyak dikerjakan oleh BUMN dan pihak swasta.

Selain jalan, pemerintah juga akan membangun proyek kerta pertama di Papua. Kementerian Perhubungan ditugaskan untuk segera menuntaskan studi kelayakan kereta Papua pada akhie 2015 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

trans papua

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top