Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nelayan Banten Minta TPI Direhabilitasi

Para nelayan di Kecamatan Kronjo dan Kresek, Kabupaten Tangerang, Banten, meminta pemerintah setempat untuk merehabilitasi tempat pelelangan ikan karena kondisinya memprihatinkan.
Ikan hasil tangkapan nelayan. /Antara
Ikan hasil tangkapan nelayan. /Antara

Bisnis.com, TANGERANG ---  Para nelayan di Kecamatan Kronjo dan Kresek, Kabupaten Tangerang, Banten, meminta pemerintah setempat untuk merehabilitasi tempat pelelangan ikan karena kondisinya memprihatinkan.

"Bila kawasan TPI dapat diperbaiki menjadi luas dan bersih maka dapat menambah pemasukan ke kas daerah," kata Junaidi (46) seorang nelayan di Kronjo di Tangerang, Sabtu (14/11/2015).

Junaidi mengatakan saat ini kondisi TPI sempit dan kumuh padahal jumlah nelayan yang menjual ikan melalui lelang terus bertambah.

Bahkan para nelayan harus berdesak-desakan akibat areal yang luasnya terbatas ketika melakukan lelang.

Para nelayan harus bersabar karena tempat lelang yang kecil dan banyak tumpukan ikan serta kondisi bangunan yang memprihatinkan.

Ketika hujan turun, air membasahi tempat pelelangan tersebut karena atap bocor serta sebagian lainnya telah hancur.

Pendapat serupa juga disampaikan nelayan lainnya, Carsim (52) dan Rindawan (50) yang bermukim di pesisir Kecamatan Kronjo.

Carsim mengatakan saat ini sekitar 200 nelayan dengan perahu kecil dan pemilik kapal tangkapan modern setiap hari melakukan transakasi lelang di TPI Kronjo tersebut.

Para nelayan sudah pernah menyampaikan mengenai kondisi TPI Kronjo ke anggota DPRD Kabupaten Tangerang dan aparat setempat agar segera diperbaiki, tapi belum juga ada tanggapan serius.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemkab Tangerang Herry Wibowo mengatakan pihaknya akan meninjau ke lokasi dan memantau kondisi TPI Kronjo.

Herry berupaya mengusulkan agar TPI Kronjo direhab dengan meminta anggaran kepada DPRD melalui APBD tahun 2016.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper