Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

REI: Properti Bisa Tumbuh 10% Jika Koordinasi Pemerintah Pusat dan Daerah Diperkuat

Persatuan perusahaan pengembang Realestate Indonesia (REI) berpendapat sektor properti dapat bertumbuh lebih dari 10% pada tahun depan bila pemerintah pusat dapat menjalin koordinasi intensif dengan pemerintah daerah, khususnya dalam hal perizinan.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 06 November 2015  |  09:40 WIB
REI: Properti Bisa Tumbuh 10% Jika Koordinasi Pemerintah Pusat dan Daerah Diperkuat
Ilustrasi - myproperty.com.my

Bisnis.com, JAKARTA— Persatuan perusahaan pengembang Realestate Indonesia (REI) berpendapat sektor properti dapat bertumbuh lebih dari 10% pada tahun depan bila pemerintah pusat dapat menjalin koordinasi intensif dengan pemerintah daerah, khususnya dalam hal perizinan.

Sekeretaris Jenderal DPP REI Hari Raharta mengatakan, pelaku usaha agak sulit menentukan target ataupun prediksi pertumbuhan properti tahun depan, baik di sektor perumahan rakyat maupun komersial.

Pasalnya, beberapa kebijakan yang dicanangkan pemerintah pusat tidak diteruskan oleh pemerintah daerah. Hal yang paling penting dan mendesak menurutnya ialah masalah perizinan.

“Di daerah perizinan masih sulit, padahal realisasi pembangunan sangat ditentukan melalui pemerintah daerah,” tuturnya di sela acara Infrastructure Week di Jakarta, Kamis (5/11/2015).

Menurut Hari, bila masalah perizinan bisa semakin disederhanakan dan prosesnya berjalan lancar, sektor properti setidaknya bisa tumbuh lebih dari 10% pada 2016.

Dia menyebutkan, pemerintah pusat sudah semakin peduli terhadap sektor properti. Hal ini terbukti dari poin-poin paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan. Namun, dampak dari pembenahan regulasi tentunya baru bisa dirasakan tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertumbuhan properti
Editor : Gita Arwana Cakti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top