Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Jateng Gandeng Pebisnis Majukan Pariwisata

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyakini potensi wisata di wilayah ini sangat menarik dan memiliki keunikan.
Candi Borobudur/Antara
Candi Borobudur/Antara

Bisnis.com, SEMARANG—Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyakini potensi wisata di wilayah ini sangat menarik dan memiliki keunikan. 

Untuk mengembangkan, memajukan, serta mempopulerkan beragam destinasi wisata di Jateng kepada wisatawan nusantara dan mancanegara, berbagai upaya dilakukan pemerintah. Salah satunya menggandeng para pelaku pariwisata untuk mempromosikan Jateng.

Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Jateng Djoko Soetrisno mengatakan acara Borobudur Travel Mart and Expo (BTMX) 2015 menjadi langkah awal mengenali potensi pariwisata Jateng yang tersebar di 35 kabupaten dan kota. 

Baik aneka kuliner yang lezat, tempat wisata alam, budaya, maupun religi yang menarik, serta beragam produk kerajinan khas daerah yang unik.

"Melalui kegiatan ini, objek wisata di Jateng diharapkan akan lebih populer baik di dalam maupun luar negeri. Ini merupakan salah satu upaya menjadikan Jateng sebagai destinasi pariwisata utama di Indonesia,” terangnya seperti dalam laman Pemrov Jateng, Minggu (18/10/2015).

Menurut dia, agenda tahunan ini merupakan kegiatan yang sangat positif dalam mendorong kemajuan dan perkembangan pariwisata di Jateng. Apalagi kemajuan bidang pariwisata mampu meningkatkan pendapatan daerah, serta mendorong kemajuan sektor-sektor usaha lainnya.

Keindahan dan keunikan wisata Jateng meliputi Klenteng Sampokong, Lawang Sewu, kawasan Kota Lama di Kota Semarang. Setelah itu perjalanan Jelajah Jateng berlanjut ke Kota Pekalongan, yakni ke Kampung Batik Kauman, Museum Batik, lalu melihat tari sintren yang merupakan budaya khas masyarakat pesisir pantura.

Tidak ketinggalan pula tempat wisata di Kabupaten Banyumas seperti Baturraden, Pancuran Pitu, tari lengger, serta Bukit Sikunir, Candi Arjuna, dan Kawah Sikidang di dataran tinggi Dieng.

Kemegahan Candi Borobudur dan Mendut juga tampil memakau. Menara Kudus, Gerbang Kretek, serta aneka makanan khas Kudus.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Khamdi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper