Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sistem Informasi Produksi Gula PTPN XI Ditarget Rampung Akhir 2015

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI menargetkan penerapan Sistem Informasi Produksi Gula (SIPG) terhadap ke 16 pabrik gula (PG) bisa terealisasi hingga akhir tahun ini.
Pabrik Gula/Antara
Pabrik Gula/Antara

Bisnis.com, SURABAYA - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI menargetkan penerapan Sistem Informasi Produksi Gula (SIPG) terhadap ke 16 pabrik gula (PG) bisa terealisasi hingga akhir tahun ini.

Kepala Urusan Teknologi Informasi (TI) PTPN XI, Evi Kuswardhani Utami mengatakan saat ini sistem tersebut sudah dilakukan di PG Wonolangan Kabupaten Probolinggo Jawa Timur.

"PG Wonolangan jadi pilot project penerapan sistem ini, tetapi dalam praktiknya masih dibarengi dengan data dan cara manual," katanya saat ditemui Bisnis, Senin (21/9/2015).

Adapun SIPG merupakan teknologi aplikasi yang mampu menghimpun seluruh data produksi perkebunan mulai dari data on farm yakni identitas petani, luas lahan, lokasi lahan, jumlah produksi tebu sampai off farm seperti data hasil rendemen tebu, jumlah produksi gula hingga nilai pinjaman modal petani kepada PG.

Rencananya, SIPG tersebut akan diterapkan di PG berikutnya seperti PG Gending, PG Padjarakan dan disusul PG lainnya sampai Desember 2015.

Menurut Evi, selama ini PTPN XI menggunakan sistem manual dalam hal pendataan tersebut sehingga banyak data yang tidak sinkron, misalnya data lahan milik petani dengan jumlah tebu yang dikirim ke pabrik bahkan ada data fiktif seperti satu petani mengajukan pinjaman modal untuk produksi tebu untuk dua PG sekaligus.

"Dengan SIPG ini maka semua akan terdata dari on farm sampai off farm, termasuk data Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKPE) terlihat jelas siapa petaninya, di mana lokasi lahannya, berapa banyak tebunya yang akan masuk pabrik," jelasnya.

Di beberapa pabrik gula milik PTPN XI lainnya, tambah Evi, sudah ada penerapan sistem pendataan tersebut. Namun, masih seperempat perjalanan atau hanya mulai data timbangan tebu, jumlah tebu giling dan produksi gulanya.

"Sistem yang digunakan beberapa PG sebelumnya disebut simpro (sistem informasi produksi)," imbuhnya.

Melalui penerapan SIPG tersebut diharapkan, PTPN XI mampu menghasilkan produksi gula sesuai target dan menghasilkan gula yang memiliki kualitas baik di tengah persaingan industri gula saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper