Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Paket Kebijakan Penyelamatan Ekonomi Pemerintah Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan sejumlah kebijakan yang dikelompokkan ke dalam tiga upaya untuk menggenjot kinerja perekonomian nasional.
Presiden Joko Widodo/Antara
Presiden Joko Widodo/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan sejumlah kebijakan yang dikelompokkan ke dalam tiga upaya untuk menggenjot kinerja perekonomian nasional.

Presiden Jokowi, mengatakan pemerintah akan melakukan deregulasi, debirokratisasi, penegakan hukum, dan memberikan kepastian usaha untuk meningkatkan daya saing industri nasional. Dalam kebijakan itu, pemerintah merombak 89 peraturan, sehingga menghilangkan duplikasi, dan memperkuat koherensi, serta konsistensi dalam upaya memangkas peraturan yang menghambat.

“Kami sudah menyiapkan 17 rancangan peraturan pemerintah, 11 rancangan peraturan presiden, dua rancangan instruksi presiden, 63 rancangan peraturan menteri, dan lima rancangan aturan lainnya,” katanya di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Presiden Jokowi menuturkan pemerintah juga akan melakukan penyederhanaan izin, memperbaiki prosedur kerja perizinan, memperkuat sinergi antarlembaga, meningkatkan pelayanan, serta menggunakan pelayanan berbasis elektronik untuk mempermudah investor yang ingin menanamkan modalnya.

Upaya kedua yang akan dilakukan pemerintah adalah mempercepat proyek strategis nasional, dengan cara menghilangkan hambatan dalam penyelesaian proyek strategis nasional. Penyederhanaan izin, penyelesaian tata ruang dan penyediaan lahan, percepatan pengadaan barang dan jasa pemerintah menjadi langkah utama yang diambil untuk merealisasikan upaya itu.

Menurutnya, diskresi dalam penyelesaian hambatan juga perlu mendapatkan perlindungan hukum, sehingga pemerintah akan memperkuat peran kepala daerah untuk melakukan, serta memberi dukungan terhadap proyek strategis nasional.

Adapun upaya ketiga adalah peningkatan investasi di sektor properti, dengan cara mengeluarkan kebijakan untuk mendorong pembangunan perumahan, serta membuka peluang investasi yang lebih besar.

“Paket ini bertujuan untuk menggerakkan sektor riil yang akhirnya memberikan pondasi untuk lompatan kemajuan perekonomian ke depan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyebutkan paket kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dapat memperkuat industri nasional, mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), memperlancar perdagangan antardaerah, dan membuat pariwisata lebih bergairah. [Informasi lebih lengkap Paket Kebijakan Ekonomi  Jokowi simak Harian Bisnis Indonesia Kamis (9/9/2015)]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper