Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waspada, Barang Impor China Makin Sesaki Pasar Indonesia

Produk-produk impor asal China diprediksi akan semakin membanjiri pasar domestik Indonesia setelah negeri tirai bambu tersebut melakukan devaluasi mata uangnya.
Ilustrasi/chinatechnews.com
Ilustrasi/chinatechnews.com

Bisnis.com, JAKARTA – Produk-produk impor asal China diprediksi akan semakin membanjiri pasar domestik Indonesia setelah negeri tirai bambu tersebut melakukan devaluasi mata uangnya.

Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finances (INDEF) Enny Sri Hartati mengatakan pemerintah sudah diperingatkan jauh-jauh hari, ketika industri mengalami perlambatan hingga hanya mencapai 3,81%. 

Dengan kondisi tersebut, menurutnya, tentu akan sulit memenuhi kebutuhan konsumsi di dalam negeri. Sementara di saat yang sama, hal tersebut menjadi peluang bagi barang-barang impor murah meski berkualitas rendah, terutama dari China.

“Persoalannya sekarang, tanpa devaluasi saja kita sudah defisit. Kita sudah terbanjiri barang-barang dari China. Enggak bisa dibayangkan ketika Yuan semakin mengalami devaluasi, pasti akan lebih murah lagi,” kata Enny.

Kemungkinan banjir barang impor asal China tersebut, menurutnya, harus dipersiapkan dengan baik oleh pemerintah, tidak hanya oleh Kementerian Perdagangan.

Koordinasi menurutnya, sangat mutlak untuk dilakukan, termasuk dengan lembaga seperti Badan Standardisasi Nasional sebagai filter kualitas produk impor yang masuk ke dalam pasar dalam negeri.

Tanpa filter tersebut, maka produk-produk impor tersebut akan benar-benar membanjiri pasar karena memiliki harga yang benar-benar murah jika dibanding produk dari dalam negeri.

Sementara itu, para produsen lokal pun masih tertekan oleh high cost economy karena mahalnya bahan baku impor akibat depresiasi Rupiah terhadap Dolar AS.

Menurutnya, kondisi itu membuat produk dalam negeri menjadi mahal, sementara barang-barang dari China terlihat seperti banting harga karena adanya devaluasi.

Enny menilai bahwa situasi saat ini benar-benar menjadi ancaman serius untuk neraca perdagangan Indonesia dengan China.

Sementara itu, meskipun Rupiah mengalami depresiasi yang lebih dalam dibanding devaluasi China, hal tersebut sama sekali tidak terefleksi pada kinerja ekspor Indonesia.

Enny menilai bahwa hal itu disebabkan  jenis produk ekspor yang sangat berbeda antara kedua negara.

China mengandalkan produk akhir dari hasil industri manufakturnya sebagai tulang punggung ekspor negara tersebut.

Sehingga ketika Yuan terdevaluasi, produk-produk ekspor China masih elastis.

Kondisi yang berbeda dialami Indonesia, dengan produk-produk ekspor yang inelastic karena didominasi komoditas-komoditas primer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Avisena
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper