Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semester I/2015, Laba Bersih Tambang Emas Martabe Tumbuh 14%

Sepanjang semester I/2015, Tambang Emas Martabe berhasil membukukan laba bersih senilai US$39,1 juta atau meningkat 13,99% dibandingkan dengan laba bersih pada periode yang sama tahun lalu senilai US$34,3 juta.
Tambang emas/Ilustrasi
Tambang emas/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Sepanjang semester I/2015, Tambang Emas Martabe berhasil membukukan laba bersih US$39,1 juta atau meningkat 13,99% dibandingkan dengan laba bersih pada periode yang sama tahun lalu US$34,3 juta.

Peningkatan laba bersih tersebut berbanding lurus dengan produksi yang terus digenjot selama enam bulan pertama tahun ini. Produksi emas sepanjang periode tersebut tercatat sebanyak 156.316 ounce atau tumbuh 15,84% dibandingkan dengan realisasi pada periode yang sama tahun lalu sebanyak 134.937 ounce.

Jumlah tersebut telah mencapai 54,85% dari target produksi 2015 yang ditetapkan, yakni 285.000 ounce emas.

Hal yang sama juga terjadi pada produksi perak. Tambang Emas Martabe sepanjang semester lalu berhasil memproduksi 1,29 juta ounce perak atau naik 22,86% dibandingkan dengan produksi perak pada periode yang sama tahun lalu sebanyak 1,05 juta ounce.

Realisasi produksi perak paruh pertama tersebut pun sudah mencapai 53,48% dari target tahun ini yang ditetapkan sebanyak 2,3 juta ounce.

Hasilnya, pendapatan dari Tambang Emas Martabe pun meningkat 11,56% dari US$191,4 juta pada enam bulan pertama tahun lalu menjadi US$213,7 juta. Pendapatan sebelum pajak, bunga, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) juga naik 15,82% dari US$112,5 menjadi US$130,3.

Pencapaian tersebut menjadi sinyal positif bagi tambang yang beroperasi di Sumatra Utara itu. Pasalnya, peningkatan kinerja tersebut dibukukan saat harga emas tengah dalam kondisi yang tidak stabil.

Harga emas sepanjang semester I/2015 rata-rata senilai US$1.207 per ounce. Lebih rendah 6% dari rata-rata harga emas pada semester yang sama tahun lalu senilai US$1.284 per ounce.

Namun, perusahaan berhasil menekan biaya operasi operasi produksi selama semester lalu. Biaya operasi secara keseluruhan tercatat sebesar US$520 per ounce emas yang dijual. Lebih rendah 25,18% dari paruh pertama 2014 sebesar US$695 per ounce yang dijual.

Tim Duffy, Presiden Direktur PT Agincount Resources, bagian dari G-Resources Group Ltd yang menguasai 95% saham Tambang Emas Martabe, mengatakan peforma operasional dan keuangan selama enam bulan ini memang berbanding terbalik dengan terus turunnya harga emas dan perak.

Untuk mempertahankan kinerja tersebut, dia menegaskan pihaknya akan terus mengupayakan pengurangan biaya melalui Martabe Improvement Program.

"Satu program besar yang merangkum beberapa proyek sekaligus dengan satu tujuan yaitu meningkatkan volume dan mengefisiensi biaya, guna memaksimalkan kinerja dan posisi kompetitif Tambang Emas Martabe, katanya dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (20/8/2015).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lucky Leonard
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper