Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Instruksi Percepatan Pelaksanaan Anggaran & Pelelangan Dini Terbit

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan telah mengeluarkan instruksi tentang percepatan pelaksanaan anggaran 2015 dan pelelangan dini tahun 2016 di Kementerian PUPR.

Bisnis.com, JAKARTA—Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan telah mengeluarkan instruksi tentang percepatan pelaksanaan anggaran 2015 dan pelelangan dini tahun 2016 di Kementerian PUPR.

Basuki mengatakan penetapan instruksi tersebut dimaksudkan agar pelaksanaan anggaran proyek-proyek PUPR dapat dipercepat karena selama ini telah mengalami perlambatan. Sementara itu, pagu anggaran 2016 telah ditetapkan, sehingga perlu dilakukan langkah-langkah persiapannya.

“Kita berupaya untuk mengoptimalkan sumber daya yang ada agar keterlambatan yang terjadi tahun ini sekaligus berupaya agar tahun depan keterlambatan serupa tidak terulang,” katanya, Jumat (31/7/2015).

Insruksi tersebut ditujukan kepada seluruh pejabat eselon I dan para Kepala Balai dan Balai Besar serta para Kepala Satuan Kerja di Kementerian PUPR.

Dalam Instruksi yang ditetapkan pada Senin, 27 Juli 2015 tersebut, para pejabat diinstruksikan untuk melakukan evaluasi atas keterlambatan pelaksanaan pekerjaan dan upaya-upaya tindak lanjut yang harus dilakukan, termasuk paket-paket tahun jamak, untuk memastikan terselesaikannya pekerjaan TA 2015.

Percepatan  pelaksanaan anggaran 2015 dilakukan dengan cara menambah personil di lapangan sesuai dengan kompetensi dan kebutuhan. Selain itu, memberlakukan waktu kerja 7 hari dalam seminggu dengan dua shift/ waktu kerja dan menambah alat sesuai kebutuhan lapangan.

Di samping itu, para pejabat juga diinstruksikan untuk menyiapkan administrasi (teknik dan keuangan) untuk mempercepat penyerapan anggaran untuk pekerjaan TA 2015.

Untuk TA 2016, para pejabat diinstruksikan juga untuk menyiapkan usulan paket-paket tahun jamak untuk segera diusulkan pada menteri PUPR. Para pejabat diinstruksikan untuk melakukan evaluasi perbedaan sasaran output antara RKP dengan RKA-KL TA 2016.

“Anggaran tahun jamak untuk tahun depan diperkirakan mencapai 30% dari total pagu anggaran, itu harus segera disiapkan,” katanya.

Selain itu, Basuki juga menginstruksikan agar segera menyiapkan dokumen-dokumen pendukung untuk pelelangan dini (Agustus 2015) untuk paket-paket strategis nasional sesuai dengan pagu anggaran TA 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper