Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BAILOUT YUNANI: Zona Euro Tuntut Realisasi Enam Kebijakan

Para pemimpin zona Eropa meminta Yunani melaksanakan sejumlah reformasi penting pekan ini untuk memulihkan kepercayaan sebelum memulai pembicaraan lanjutan terkait paket penyelamatan ekonomi.
Krisis Yunani./Reuters
Krisis Yunani./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA— Para pemimpin zona Eropa meminta Yunani melaksanakan sejumlah reformasi penting pekan ini untuk memulihkan kepercayaan sebelum memulai pembicaraan lanjutan terkait paket penyelamatan ekonomi.

Tuntutan itu disampaikan dalam satu KTT darurat para dengan tujuan untuk menyelamatkan ekonomi dan agar negara yang sudah di ambang kebangkrutan itu tetap berada di zona euro.

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras dituntut untuk mendorong parlemen membuat undang-undang terkait reformasi itu untuk meyakinkan 18 negara Eropa lainnya di Zona Euro agar mengeluarkan dana cepat guna mencegah kebangkrutan.

Selanjutnya kedua pihak bisa memulai perundingan untuk program bantuan yang ketiga sekitar US$95 miliar.

Sebanyak enam kebijakan termasuk reformasi perpajakan dan dana pensiun harus dilaksanakan pada Rabu malam waktu setempat.

Selanjutnya paket tersebut harus disetujui parlemen  sebelum perundingan dimulai, berdasarkan draft yang disusun para menteri keuangan Eropa sebagaimana dikutip Reuters, Senin (13/7/2015).

Dokumen tersebut meliputi proposal yang diusulkan Jerman bahwa Yunani harus ke luar dari Zona Euro jika tidak dapat memenuhi tuntutan itu.

Namun tidak semua menteri sepakat dengan ide tersebut dan seorang menteri senior menyebutkan bahwa tuntutan itu tidak tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper