Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesan Tiket Bisa Lewat Funding Machine Mandiri

Enggan mengantre untuk mendapatkan tiket kereta api lebaran? Mengakses melalui mesin pesan tiket mandiri bisa Anda coba.
Cetak tiket mandiri/blog-tiketkai.com
Cetak tiket mandiri/blog-tiketkai.com

Bisnis.com, JAKARTA - Enggan mengantre untuk mendapatkan tiket kereta api Lebaran? Mengakses melalui mesin pesan tiket mandiri bisa Anda coba.

Dari pantauan Bisnis.com, Sabtu (11/7/2015), loket pemesanan dan pengembalian tiket terlihat penuh pada pukul 13.46. Hal berbeda justru di depan sebuah mesin yang mirip funding machine yang biasa digunakan untuk membeli minuman.

Dua garis antrean mengikuti dua mesin yang beroperasi. Finnet electronic payment membantu Anda mencari tiket. Melalui mesin ini, Anda bisa mengetahui dengan cepat tiket mana yang tersedia dan langsung membelinya.

Hal itu pun yang dipilih Mega, salah seorang pemudik tujuan Semarang. Mengularnya antrean di loket membuatnya mencoba cara baru untuk mendapatkan tiket ini.

Menurutnya, menggunakan mesin ini mudah. Calon penumpang tinggal mengikuti petunjuk pada layar. Fitur pemesanan tiket akan aktif bila kursi kosong masih tersedia. Caranya, dengan mengisi data diri dan nomor telepon seluler terlebih dahulu. Setelah itu bila tiket tersedia, pembayaran bisa langsung dilakukan.

Tiket akan didapat dalam bentuk nomor yang nantinya dicetak sendiri melalui anjungan cetak tiket mandiri. Pembayaran, katanya, menggunakan uang cash. Kembalian nantinya akan masuk dalam bentuk uang elektronik yang dikirimkan ke nomor ponsel Anda.

Adapun, uang pecahan yang bisa digunakan melalui mesin ini yaitu mulai dari Rp1.000 sampai dengan Rp100.000.

"Bayarnya pakai uang cash. Nanti keluar nomor tiket, kalau dapat. Terus, tiket dicetak sendiri," ujarnya usai melakukan transaksi di Stasiun Pasar Senen, Sabtu, (11/7/2015).

Kendati mudah, orang awam, menurutnya, belum tentu mengerti cara menggunakan mesin ini. Di antara kedua mesin itu pun tak terlihat petugas yang membantu calon penumpang membeli tiket.

"Saya sih ngerti pakainya. Mudah sih petunjuknya. Tapi orang awam pasti enggak ngerti. Enggak ada petugas yang bantu juga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper