Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembiayaan Infrastruktur: Komitmen SMI Meningkat 60%

Lembaga pembiayaan infrastruktur PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) telah membukukan komitmem pembiayaan Rp7,4 triliun sepanjang semeser I/2015.
Bisnis.com, JAKARTA--Lembaga pembiayaan infrastruktur PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) telah membukukan komitmem pembiayaan Rp7,4 triliun sepanjang semester I/2015.
 
Direktur Pembiayaan PT SMI, Edwin Syahruzad mengatakan komitmen pembiayaan pada Semester I/2015 meningkat sebesar 60,57% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2014 lalu yaitu Rp4,6 triliun.
 
"Komitmen pembiayaan Rp7,4 triliun diberikan untuk proyek senilai Rp65,1 triliun atau naik 40,84% dari nilai proyek paruh pertama tahun 2014 yang sebesar Rp46,2 triliun," kata Edwin di Jakarta, Kamis (2/7/2015).
 
Dengan demikian, imbuhnya, diperoleh multiplier effect sebanyak 8,8 kali atas pembiayaan yang diberikan oleh SMI untuk Semester I/2015.
 
Dia menuturkan kontribusi terbesar dalam pembiayaan SMI berasal dari sektor energi, dan sektor konektivitas.
 
Menurutnya, kontribusi pada sektor konektivitas yang meliputi pengerjaan proyek jalan dan jembatan melonjak dua kali lipat dari tahun 2014 sebesar 11% menjadi 22% pada tahun 2015.
 
Lebih lanjut, Edwin menjelaskan pada Semester I/2015 ini sudah ada beberapa proyek yang mendapat fasilitas pembiayaan dari SMI sudah mulai beroperasi.
 
Sejumlah proyek tersebut antara lain adalah jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang beroperasi pada Juni 2015, dan proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) 2x12,5 MW di Gorontalo.
 
Berdasarkan penjelasannya, saat ini portofolio proyek-proyek yang dibiayai SMI mencakup sektor ketenagalistrikan 33%, transportasi 33%, minyak dan gas 19%, jalan 14%, telekomunikasi 7%, air bersih 5% dan irigasi 2%.
 
Seperti diketahui, saat ini SMI memiliki aset sebesar Rp20,3 triliun. Aset tersebut diperoleh dari pengalihan aset milik Pusat Investasi Pemerintah (PIP) sebesar Rp18,3 triliun ke SMI, dan Penyertaan Modal Negara (PMN) Rp2 triliun.
 
Saat ini, SMI tengah berproses untuk bertransformasi menjadi Lembaga Pembiayaan Pembangunan Indonesia (LPPI) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bank Infrastruktur yang ditargetkan terbentuk pada 2017.
 
Dengan adanya pengalihan aset PIP, SMI nantinya juga akan melaksanakan fungsi-fungsi yang sebelumnya dilaksanakan oleh PIP, yaitu memberi fasilitas pinjaman kepada daerah.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper