Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OBLIGASI DAERAH: Pemkot Balikpapan Cari Proyek Publik Layak Didanai

Pemerintah Kota Balikpapan tengah mengkaji proyek-proyek infrastruktur yang layak untuk dibiayai dana pihak ketiga dalam rencana penerbitan obligasi daerah.
Nadya Kurnia
Nadya Kurnia - Bisnis.com 01 Juli 2015  |  13:36 WIB
Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi (kanan)/Nadya Kurnia - yus
Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi (kanan)/Nadya Kurnia - yus

Bisnis.com, BALIKPAPAN—Pemerintah Kota Balikpapan tengah mengkaji proyek-proyek infrastruktur yang layak untuk dibiayai dana pihak ketiga dalam rencana penerbitan obligasi daerah.

“Kan proyek yang dibiayai harus menghasilkan revenue. Ini sedang kami kaji mana proyek-proyek yang sekiranya layak untuk dibiayai melalui obligasi daerah,” kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Rabu (1/7).

Dia menyebutkan beberapa proyek yang mungkin dibiayai melalui obligasi daerah antara lain pembangunan jaringan pipa PDAM, pembangunan segmen 2 coastal road, pembangunan Jembatan Teluk Balikpapan dan Stadion Balikpapan.

“Nanti dana pembayaran utang bisa dari revenue yang dihasilkan oleh proyek-proyek itu atau bisa juga dari APBD sendiri".

Dia mengatakan pengkajian proyek-proyek ini harus dilakukannya dengan hati-hati, karena pengajuan proyek yang akan dibiayai harus disertai dengan pengajuan anggaran yang spesifik dan perhitungan tepat.

Saat ini, dia mengaku masih mempelajari prosedur pengajuan penerbitan obligasi kendati PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) telah memberikan peringkat A dan telah mengantongi opini wajar tanpa pengecualian dari BPK.

“Kami akan minta pendampingan dari PT Pefindo selama prosedur berlangsung, sembari belajar juga ke Pemprov Jawa Barat," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

obligasi daerah
Editor : Yusran Yunus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top