Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KERJASAMA PERIKANAN: Setelah DKI, Sumbar Segera Teken MoU dengan Sumut

Setelah menandatangani kesepakatan kerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Sumatra Barat menyiapkan kerjasama dengan provinsi Sumatra Utara di bidang kelautan dan perikanan.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PADANGSetelah menandatangai kesepakatan kerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Sumatra Barat menyiapkan kerjasama dengan provinsi Sumatra Utara di bidang kelautan dan perikanan.

Yosmeri, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, menyebutkan kerjasama tersebut akan direalisasikan dalam waktu dekat untuk melindungi nelayan masing-masing daerah dan mengoptimalkan penangkapan ikan.

"Setelah MoU dengan DKI, kami juga segera tandatangani kesepakatan dengan Sumut. Karena banyak nelayan Sumbar yang menangkap ikan hingga wilayah perairan Sumut, begitu juga nelayan dari Sumut," katanya, Jumat (19/6/2015).

Dia mengatakan kerjasama tersebut akan menguntungkan bagi kedua wilayah. Sebab, pertama, menjamin keamanan bagi nelayan, baik nelayan Sumbar maupun nelayan Sumut. Kedua, mengoptimalkan produksi ikan di masing-masing wilayah, serta meningkatkan aktifitas ekonomi karena dalam MoU akan diatur bahwa nelayan yang menangkap ikan di wilayah Sumbar harus menurunkan tangkapan di daerah tersebut, begitu pula sebaliknya.

Yosmeri meyakini kerjasama yang mengacu pada Peraturan Menteri No.36/2014 tentang Andon Penangkapan Ikan itu akan mengoptimalkan penangkapan ikan dalam negeri, serta meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper