Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meski ada El Nino, Pemerintah Janji Tak Impor Pangan

Pemerintah memperkirakan tidak akan mengimpor pangan meski fenomena el nino mendera Indonesia dan mempengaruhi ketersediaan pangan tahun ini.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah memperkirakan tidak akan mengimpor pangan meski fenomena el nino mendera Indonesia dan mempengaruhi ketersediaan pangan tahun ini.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan el nino yang terjadi berada di level moderat sehingga tak berpegaruh signifikan terhadap ketersediaan pangan sampai beberapa bulan ke depan.

“El nino kan ada tiga jenis, ringan, moderat, dan berat. Banyak analisa kalau terjadi moderat, efeknya ringan dibanding 1998,”katanya, Kamis(18/6/2015).

Dia memaparkan fenomena el nino yang terjadi tahun ini lebih ringan dibandingkan yang pernah berlangsung pada 1998 ketika Indonesia mengimpor beras hingga 5 juta ton.

Selain itu, sambung Kalla, pemerintah juga akan mematangkan persiapan yang baik untuk menjaga ketersediaan pangan. Kalaupun melakukan impor pangan, hal itu dilakukan ketika el nino hadir, bersamaan dengan musim tanam Oktober mendatang.

El nino disebabkan perbedaan suhu permukaan laut di Samudera Pasifik tropis bagian Timur yang akhirnya mengubah pola suhu dan curah hujan di sejumlah tempat, termasuk Indonesia.

Hal ini dapat membawa pengaruh besar terhadap panen berbagai jenis pangan. Para peneliti mengatakan gejala alam yang memicu perubahan suhu dan curah hujan dapat mengurangi panen jagung, padi, dan gandum sampai 4%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lavinda
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper