Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produk Sepatu Bisa Dongkrak Ekspor ke China

Penurunan tarif impor produk consumer goods oleh pemerintah China, dapat dimanfaatkan oleh para eksportir Indonesia, salah satunya adalah produk sepatu.
Ilustrasi/Idiva
Ilustrasi/Idiva

Bisnis.com, JAKARTA - Penurunan tarif impor produk consumer goods oleh pemerintah China, dapat dimanfaatkan oleh para eksportir Indonesia, salah satunya adalah produk sepatu.

Saat ini, produk sepatu menjadi salah satu kategori produk consumer goods Indonesia yang menunjukkan tren pertumbuhan positif dalam hal ekspor ke China. Selama beberapa tahun terakhir, ekspor sepatu Indonesia menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi.

“Tren kenaikan ekspor sepatu Indonesia ke China menunjukkan adanya peningkatan permintaan pasar China terhadap sepatu impor,” kata Direktur Jenederal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Nus Nuzulia Ishak, Minggu (14/5/2015).

Nilai ekspor sepatu Indonesia ke China pada 2013 mencapai US$104 juta dan meningkat hingga US$126 juta pada 2014. Tren tersebut terlihat akan terus berlanjut seperti dari data ekspor untuk periode Januari-Februari 2015, nilai ekspor Indonesia mencapai US$22,87 juta atau naik sebesar 32% dibandingkan pada periode yang sama pada 2014 sebesar US$17,24 juta.

Penurunan tarif impor di China hingga 50%, lanjut Nus, akan semakin meningkatkan konsumsi konsumen di China untuk produk sepatu dan produk-produk lainnya yang juga mendapatkan pengurangan tarif impor seperti pakaian, popok bayi, dan produk perawatan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Avisena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper